Judul: Robocop (2014)
Sutradara: Jose Padilha
Pemain: Joel Kinnaman, Marc Abraha, Jackie Earle Haley, Gary Oldman, Samuel L. Jackson, Abbie Cornish
Tahun: 2014
Produksi: Sony Pictures

Anda yang menyukai film bergenre fiksi ilmiah tentang robot mungkin tidak asing lagi dengan kata “Robocop”. Film fiksi ilmiah yang satu ini memang sudah memiliki popularitas sejak awal mula penayangannya, yaitu pada 1987. Kali ini, film Robocop ini ingin kembali dikenalkan di era yang sudah berbeda, dan tentunya lebih modern.

Sebelumnya kabar mengenai remake film ini memang sudah terdengar sejak tahun 2005, namun baru benar-benar tayang pada 2014 kemarin. Film hasil remake ini masih mengambil beberapa inti dari Robocop 1987 yang mengisahkan perkembangan teknologi robot terutama di bidang militer.

Dikisahkan organisasi yang memprakarsai teknologi robot di kalangan militer dan polisi pada tahun 2028 tersebut adalah OmniCorp. Semua negara mendukung robot dari OmniCorp kecuali Amerika Serikat yang memang memiliki undang-undang untuk menolak robot di dalam negeri.

Alex Murphi merupakan polisi dari Detroit yang tengah menyelidiki sebuah kasus melibatkan kriminal bernama Antoine Vallon. Ia pun akhirnya mendapatkan luka parah setelah bertempur dengan kriminal tersebut. Di dalam kondisinya yang kritis, Clara, istri Alex, menerima tawaran dari Omnicorp untuk menggantikan sebagian tubuh suaminya dengan robot. Clara pun setuju, dan akhirnya Alex pun menjadi seorang polisi dengan tubuh setengah robot.

Film Robocop ini terkadang seru, terkadang juga terasa sangat membosankan. Kedua hal ini mungkin terbesit di benak para penonton, khususnya saya. Hal yang cukup baik yang ditunjukkan dari film ini adalah perkembangan karakter Alex Murphi dan orang-orang di sekitarnya yang dapat ditunjukkan dengan cukup baik oleh sutradara.

Sayangnya perkembangan alur cerita cukup klise sehingga terkadang akan sangat membosankan. Film Robocop terbaru ini juga tidak banyak menunjukkan adegan aksi baku hantam sang Robocop seperti sebelumnya, selain tentu beda pada warna robotnya. So kalau Anda menonton film ini, harap tidak memiliki ekspektasi yang berlebih mengenai adegan aksinya. Meskipun begitu, beberapa adegan aksi yang ada dalam film ini dikemas dengan cukup baik dengan dukungan elemen komputer serta visualisasi yang cukup bagus.

1 COMMENT