Judul: Freud tentang Manusia: Sebuah Pengantar
Penulis: Any Rufaedah
Pengantar: Muhammad Al-Fayyadl
Penerbit: Averroes Press
Tahun: 2012
Tebal: 132
ISBN: 9793997338

Freud lahir di Freiberg, Moravia, Cekoslowakia pada 6 Mei 1856 . Sang ayah, Jacob Freud, adalah pedagang wool berpikiran maju dan memiliki rasa humor yang baik. Sedangkan sang ibu, Amalie Natanson, adalah perempuan muda cantik yang dinikahi Jacob dengan rentang umur 20 tahun.

Freud memiliki dua saudara tiri, dan sulung dari delapan bersaudara. Freud tumbuh dengan keistimewaan dan privasi yang memadai, kamar pribadi dan juga sarapan terpisah dengan saudara-saudaranya. Keistimewaan ini, menurut buku ini, ikut membentuk perkembangan potensi. T

Pada usia delapan tahun, Freud telah membaca karya Shakespeare serta menguasai bahasa Yunani, Latin, Jerman, Yahudi, Prancis, dan Inggris.

Arsitek Dunia Modern

Erich Fromm adalah salah satu ilmuwan yang giat mengkaji pemikiran Freud. Ia menyebut Freud sebagai arsitek dunia modern seperti halnya Einstein dan Karl Marx. Freud mampu menunjukkan tatanan fundamental realitas manusia seperti Einstein yang mampu menunjukkan cara kerja alam dan Marx yang mampu menunjukkan realitas masyarakat. Freud tidak hanya berhasil mengonseptualisasi manusia di permukaan, tetapi mampu mengeksplorasi tatanan fundamentalnya. Menurut penulis buku ini, tatanan inilah yang nantinya akan memberi jawaban atas pertanyaan besar kemisteriusan manusia.

Buku ini hadir sebagai upaya untuk memahami tatanan fundamental manusia menurut kacamata Freud. Di bagian awal, buku ini memberi pengantar mengenai kehidupan Freud, dasar keputusan Freud menekuni psikoanalisis berikut pemikir yang mempengaruhi dan karya-karyanya. Di bagian akhir, buku ini akan menjawab pertanyaan mengenai cara Freud mendefinisikan manusia atau epistemologi Freud dalam mengonseptualisasi manusia.

5 COMMENTS