Judul: Sabotage
Sutradara: David Ayer
Pemain: Arnold Schwarzenegger, Sam Worthington, Terrence Howard, Dawn Olivieri, Joe Manganiello, Olivia Williams
Produksi: Open Road Films
Tahun: 2014

Salah satu bintang yang terkenal di era Terminator, Arnold Schwarzenegger, tahun 2014 lalu kembali memainkan film action dalam judul film Sabotage. Film ini menceritakan sebuah agen bernama DEA dimana Arnold Schwarzeneger berperan sebagai John Wharthon. Ia merupakan pimpinan dari DEA.

John Wharthon atau dikenal dengan nama Breacher serta tim elitnya memiliki misi mencuri uang dari kartel narkoba.

Sayangnya sebelum sempat menikmati uang 10 juta dolar tersebut, uang tersebut lebih dahulu hilang. Hal ini tentunya menyebabkan kepercayaan dalam tim agak renggang namun mereka percaya bahwa ada pihak lain yang melakukan sabotase dan berusaha mempermainkan mereka. Kejadian ini juga melibatkan seorang detektif bernama Caroline Brentwood yang diperankan oleh Olivia Williams.

Cerita berlanjut dimana satu persatu anggota tim dibunuh secara cara sadis. Pertanyaannya, apakah memang kejadian ini dilakukan oleh kartel narkoba tersebut ataukah salah satu anggota tim?

Para pemeran film Sabotage ini didominasi oleh artis tua. Alur ceritapun tidak cukup kuat dan banyak pertanyaan dasar seputar pencurian uang tersebut. Misalnya kenapa DEA harus mencuri uang 10 juta dollar tersebut? Apa tujuan utama dari misi DEA tersebut? Menangkap kertel narkoba kah? Atau mencuri uang 10 juta dolar tersebut?

Film ini mengambil tema kisah misteri dan juga action yang menegangkan. Karena itu banyak adegan kekerasan, kasar dan dibalut dengan pencarian khas cerita detektif. Dari segi misteri, film ini juga tidak dapat menampilkan kesan secara maksimal terutama di bagian akhir.

Dari awal kita diajak berpikir siapa pelaku di balik semua ini, namun di tengah keasyikan mencari identitas pelaku tersebut, identitas sang pelaku justru dibuka begitu saja. Mungkin saja sebagai film misteri, rasanya film ini gagal untuk mempertahankan konklusi akhir yang tajam dan memuaskan.