Judul: Sosiologi Pendidikan
Penulis: H. Abu Ahmadi
Penerbit: Rineka Cipta
Tahun: 1991
ISBN: 9795180509

Sosiologi mempunyai peranan penting dalam pemikiran pendidikan. Lahirlah pemikiran “Sosiologi Pendidikan” yang dikenal di abad ke-20 ini. Sebagaimana pada abad ke-19 saat psikologi mempunyai pengaruh besar dalam bidang pendidikan yang melahirkan pemikiran “Psikologi Pendidikan”.

Keduanya, baik Sosiologi Pendidikan maupun Psikologi Pendidikan mempunyai peranan yang komplementer bagi pemikiran pendidikan. Bila sosiologi pendidikan memandang segala pendidikan dari sudut struktur sosial masyarakat, maka psikologi pendidikan memandang gejala pendidikan dari sudut perkembangan pribadi.

Tugas pendidik menurut sosiologi ialah memelihara kehidupan dan mendorong proses kemajuan dalam masyarakat. Pada umumnya, kaum pendidik dewasa ini memandang tujuan akhir pendidikan lebih bersifat sosiolistis daripada bercorak individualistis.

Dalam perkembangannya, sosiologi pendidikan mempunyai peranan yang kohern dalam memberikan kontribusinya terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh pendidikan. Di sini dapat dikatakan bahwa kedua disiplin ilmu tersebut sama-sama mencari jalan untuk menentukan dan memberikan arah terhadap efek sekolah bagi tingkah laku individu.

Tujuannya adalah untuk mengembangkan kepribadian (personality) peserta didik dan menyiapkan kesanggupan mereka untuk terlibat dalam kehidupan di masyarakat.

Perbedaan Sosiologi Pendidikan dan Psikologi Pendidikan

Perlu dipahami erdapat pula perbedaan antara keduanya. Psikologi pendidikan menitikberatkan pendidikan sebagai proses belajar. Sosiologi pendidikan menitikberatkan pendidikan sebagai proses edukasi. Psikologi pendidikan adalah proses pendidikan yang menggunakan hukum-hukum psikologi, sedangkan sosiologi pendidikan menekankan proses pendidikan yang menggunakan hukum-hukum sosiologi.

Makna sosiologi pendidikan yang disampaikan dalam buku ini lebih sebagai sebagai ilmu pengetahuan yang mengupas tentang wilayah yang saling melingkupi baik antara sosiologi maupun ilmu pendidikan.

Ada beberapa sebutan istilah sosiologi pendidikan, seperti social foundation of education, educational sociology dan sociology of education. Stalcup berusaha mengetengahkan perbedaan yang cukup mendasar dari ketiga penyebutan tersebut.

  • Educational sociology ialah suatu aplikasi prinsip-prinsip umum dan penemuan-penemuan sosiologi bagi pengadministrasian dan/atau proses pendidikan. Pendekatan ini berupaya untuk menerapkan prinsip-prinsip sosiologi pada lembaga pendidikan sebagai satu unit sosial tersendiri.
  • Sociology of education ialah suatu analisis terhadap proses-proses sosiologis yang berlangsung dalam lembaga pendidikan. Tekanan dan wilayah penelaahannya terfokus pada lembaga pendidikan itu sendiri.
  • Social foundation of education ialah suatu bidang telaah yang lazimnya mencakup sejarah, filsafat, sosiologi pendidikan, dan pendidikan komparasi. Jelaslah bahwa bidang ini mempunyai cakupan yang lebih luas daripada educational sociology maupun sociology of education.

Ahli-ahli pendidikan mengatakan bahwa sosiologi pendidikan tidak hanya berhubungan dengan tujuan-tujuan pendidikan, metode kurikulum dan pengukuran hasil proses pendidikan, tetapi juga berhubungan dengan sekolah dan seluruh masyarakat.

Gambar ilustrasi: