Judul : Dragon Blade
Sutradara: Daniel Lee
Pemain: Jackie Chan, John Cusack, Adrien Brody
Tahun : 18 Februari 2015 (Indonesia)
Produksi : Huayi Brothers

Film dengan durasi sekitar 120 menit yang dibintangi oleh Jackie Chan ini bercerita tentang proses bercampurnya kebudayaan Barat dan Timur di jaman Dinasti Han. Huo An (Jackie Chan) adalah seorang jenderal yang bertugas di wilayah barat. Ia bertugas menjaga kedaulatan wilayah barat dari serbuan semua pihak yang ingin menguasai wilayah tersebut.

Cerita dimulai dengan kedatangan tim peneliti (arkeolog) yang ingin menyelidiki kemungkinan campur tangan kebudayaan Barat dalam pembangunan benteng di Cina. Penonton akan diperlihatkan rekonstruksi canggih dari sisa-sisa reruntuhan bangunan lama. Cerita berlanjut dengan perebutan kekuasaan atas wilayah jalur sutra oleh 36 suku bangsa. Akhirnya, oleh pemerintah kemudian mengutus Pasukan Pelindung yang dipimpin oleh Huo An.

Huo An adalah pendekar dengan karakter idealis dan penuh dedikasi yang berhasrat untuk menyatukan semua bangsa. Ditengah jalan, pasukan pimpinan Huo An difitnah telah melakukan penyelundupan emas, sehingga bersama pasukannya ia dihukum kerja paksa restorasi benteng di Wild Geese Gate. Selain cerita mengenai Huo An, ada juga cerita mengenai pasukan buangan dari Roma yang dipimpin oleh Lucius (John Cusack) yang sedang melarikan diri ke Timur.

Dragon-Blade-4

Singkat cerita, Lucius tiba di perbatasan Wild Geese Gate. Bersama pasukannya ia berniat untuk menyerang benteng dan menguasai jalur sutra. Namun tiba-tiba badai pasir datang, kedua pasukan ini terpaksa saling membantu untuk menyelamatkan hidup mereka. Karena persamaan visi dan tujuan, kedua pimpinan pasukan ini bersatu dan melakukan restorasi benteng. Kabar ini menyebar begitu cepat, hingga sampai pada telinga Tiberius (Adrien Brody), pewaris tahta Kerajaan Romawi. Cerita kemudian berlanjut dengan perang dan ekspansi barat untuk menguasai wilayah timur.

Yang menarik dari film ini adalah begitu banyaknya menghadirkan pemain dalam satu scene saja. Selain itu, film ini juga memukau dengan balutan latar belakang, pakaian dan setting tempat yang dikemas se-kolosal mungkin. Film ini berkisah mengenai semangat nasionalisme dan persaudaraan untuk membela keutuhan bangsa. Banyak pesan bagus yang disampaikan lewat berbagai percakapan maupun adegan. Sang aktor utama, Jackie Chan tetap menampilkan acting terbaiknya. Sayangnya, umur yang sudah mulai menua menjadikan gerakan-gerakannya tak selincah dahulu.