Judul: Tokyo Kazoku/Family (2013)
Sutradara: Yôji Yamada
Pemain: Isao Hashizume, Kazuko Yoshiyuki, Masahiko Nishimura
Tahun: 2014
Produksi: Film Tokyo Family 2013 Shochiku

Judul Tokyo Family juga dikenal dengan judul Tokyo Kazoku. Ini merupakan film terbaru dan tema film mengusung kehidupan keluarga. Film garapan Yoji Yamada ini berkisah tentang dua pasangan suami istri yang mengunjungi ketiga anaknya di Tokyo.

Namun kenyataannya justru ketiga anaknya itu sudah sibuk dengan pekerjaannya masing-masing. Koichi, anak sulung sibuk dengan keluarganya dan profesinya sebagai dokter. Anak kedua, yaitu Shige sibuk dengan bisnis salon kecantikan. Juga, si bungsu Shoji yang hidup tanpa mempunyai pekerjaan tetap. Pekerjaannya sibuk pada kerja part time sebagai penata panggung kabuki.

Akibat  ketiga anaknya sibuk dengan pekerjaan masing-masing, maka sang orang tua pun lebih menyibukkan diri mereka sendiri tanpa ditemani dengan ketiga anak mereka.

Film Tokyo Family yang mengambil total latar Jepang mendapatkan beberapa komentar dari pemerhati film-film Jepang. Film ini mengambil latar yang berbeda dengan film Tokyo Story. Pada film Tokyo Story mengangkat setting ketika Jepang dalam keadaan setelah kalah perang. Pada saat itu lebih menggambarkan bahwa masyarakat Jepang masih dalam proses membangun Jepang kembali agar lebih baik, terutama dalam sektor perekonomian.

Dalam film ini sudah menggunakan setting Jepang dengan perekonomian yang stabil dan perekonomian yang sudah maju. Walau agak kontraproduktif ketika menampilkan Shoji yang seharusnya telah memiliki pekerjaan bagus dengan hidupnya yang mapan, tetapi dalam film ini digambarkan Shoji tidak mempunyai pekerjaan yang jelas.

Film yang bertajuk keluarga ini memang sangat mengesankan dengan nilai kekeluargaan dan menghargai serta menghormati orangtua. Hubungan antara orangtua dengan anak terlihat sekali dalam penyajian di film ini. Tokyo Family memberikan berbagai nilai yang dapat Anda ambil dari awal cerita sudah sangat jelas terlihat.

Hubungan anak dengan orangtua yang sebenarnya baik, tetapi menjadi tidak baik dengan karena kesibukan pekerjaan masing-masing. Perjalanan film ini cukup menarik dengan penyajian gambaran sosial dan gambaran bagaimana keadaan Jepang masa kini. Film yang mengangkat dua konsep yang dapat dikaitkan dengan kehidupan mampu dikemas bagus oleh sang sutradara. Konsep sosial dan konsep keluarga disatukan menjadi satu cerita yang menarik.

1 COMMENT