Berbicara mengenai perbedaan karakter seseorang memang tak bisa dilepaskan dari gen atau struktur sosial yang dilaluinya. Karakter dan pembawaan dalam diri menjadi sebuah citra yang ditanggung oleh masing-masing individu. Dari pemain sepakbola dunia, kita akan melihat berbagai karakter permainan yang juga merujuk pada sebuah stigma pemain tersebut. Berikut adalah beberapa pemain-pemain sepakbola dan tipenya sebagai seorang cowok.

Gaul dan Kekinian

Cowok stylish dalam diri Ronaldo via google
Cowok kekinian dalam diri Ronaldo via google

Ditunjang dengan style dan gaya hidup yang modern, tipe ini paling banyak diketemukan di zaman sekarang. Jika diperbolehkan menarik garis panjang, Ronaldo adalah prototype yang coba diadopsi oleh cowok ala Drama Korea atau anak ibukota. Tipe ini juga mengedepankan penampilan fisik sebagai penawaran terbaik untuk menarik simpati. Jika kamu pernah melihat cowok sedang nongkrong di café, memakai jam tangan, banyak gelang (baik dari karet maupun dari tali raffia), dan dengan mata sedikit jelalatan. Maka menjadi lazim jika kamu menuduh ia adalah tipe Ronaldo dalam makna yang ikhfa’.

Playboy or Pesolek

Jiwa playboy dalam diri Neymar via google
Jiwa playboy dalam diri Neymar via google

Siapa pemain bola yang pantas menyandang tipe ini? Tipe ini paling cocok disematkan pada pola permainan Neymar. Trik-trik menipu lawan adalah landasan berpikir bahwa Neymar adalah representasi dari cowok playboy. Sama seperti Neymar yang penuh tipu muslihat dalam menggocek lawan. Dari mulut seorang playboy, ia mampu membius banyak cewek dengan berbagai kalimat puitis atau rayuan gombal belaka. Dan, biasanya, setelah mampu merebut hati cewek yang ditargetnya, ia akan meninggalkan tanpa penjelasan. Ia lebih memilih pergi tanpa alasan daripada pamit atau meninggalkan pesan.

You’re The One and Only One

Arti kesetiaan bagi Messi via google
Arti kesetiaan bagi Messi via google

Messi adalah representasi dari cowok setia. Dari gelagat dan sikapnya, ia adalah cowok dengan pandangan bahwa kesetiaan adalah harga mati. Seberapa besarpun godaan yang ditawarkan kepadanya, ia tak akan berpindah atau berganti. Tipe cowok seperti ini adalah tipe paling langka di era Indi Home. Cowok tipe Messi dijelaskan dengan apik di salah satu bait lagu milik Rita Sugiarto, “tidak perlu kaya, asal dia setia. Cinta dari muda, sampai tua sama-sama.” Tipe ini tau betul bahwa cinta adalah perihal menetap pada satu hati, bukan mencoba menemukan pelabuhan baru hanya untuk menikmati secangkir kopi.

Cowok Romantis

Karakter cowok romantis milik Iniesta via google
Karakter cowok romantis milik Iniesta via google

Pemilik nomor punggung delapan di Barcelona ini adalah tipe cowok romantis. Permainan dan control bola yang dimainkan olehnya merujuk jelas bahwa Iniesta-lah cowok yang paling diidamkan cewek. Cowok yang lebih memilih membuktikan cinta tanpa kata, melainkan lewat perbuatan nyata. Tipe yang lebih banyak diam, namun sering kali memberikan kejutan-kejutan yang mampu meluluhlantakkan hati pasangan. Tipe paling digandrungi oleh cewek. Beberapa cewek lebih tepatnya. Maklum saja, banyak kok cewek sekarang yang lebih suka dengan cowok playboy.

They Will Kill You

Tipe cowok keras dalam diri Pepe via google
Tipe cowok keras dalam diri Pepe via google

Julukan The Animal yang diberikan kepadanya menjelaskan tipe cowok seperti Pepe. Benar. Ia adalah tipikal cowok kasar. Cowok yang lebih sering melakukan atau menyelesaikan sesuatu dengan fisik. Lebih menonjolkan kekuatan dan banyak melakukan kekerasan. Cowok tipe Pepe sering main tangan daripada mencoba menyelesaikan masalah dengan berbicara atau saling memberikan penjelasan. Jangankan jadi ceweknya, jadi temannya saja kamu harus berhati-hati.

Jadikan Sabar Sebagai Penolongmu

Steven Gerrard sebagai sosok sabar via google
Steven Gerrard sebagai sosok sabar via google

Gerrard adalah pemilik sah tipikal cowok sabar dan ikhlas. Ia mampu bertahan di kala gempuran permasalahan menghantam tak karuan. Dalam diri Gerrard, kita diingatkan kepada ketabahan dan kesabaran Nabi Ayub ketika menerima cobaan dari Allah. Bukti kesabaran Gerrard ialah ia tetap ikhlas dan sabar bertahan 20 tahun di klub yang tak sekalipun mencium aroma gelar EPL. Kesabarannya juga dapat dilihat dari sikap mengalah ketika nomor punggung yang identik dengannya dipakai oleh orang lain ketika berseragam tim nasional. Bagi cowok dengan tipe ini, cinta tak hanya berbicara kebahagiaan, tapi juga kekuatan untuk bertahan di kala kepedihan dan tangisan menghujam.

The True Leader

Teladan kepemimpinan ala Mascherano via google
Teladan kepemimpinan ala Mascherano via google

Julukan El Jefetico yang diberikan kepada Mascherano merupakan buktu shahih akan sikapnya sebagai pemimpin sejati yang rela berkorban. Dalam berbagai situasi, Mascherano menunjukkan bahwa dalam dirinya terdapat jiwa kepemimpinan yang menonjol. Tipikal cowok seperti ini adalah tipe paling suamiable. Mampu menjadi imam terbaik bagi keluarga. Ia akan membela keluarga dengan cara apapun. Karena kebahagiaan dan keselamatan orang yang disayanginya adalah nomor satu. Andaikata ia sedang dipersimpangan jalan ketika menghadapi kenyataan pahitnya cinta. Ia akan rela berkorban dan mengikhlaskan sembari mendoakan cewek yang disayanginya. Ia selayaknya penggalan puisi berjudul Dialisis Kardiomiopati karya Wiranagara “Namun bila hilang lingkar perutnya, berdebar dan khawatirlah. Sebab ia bukan aku, yang dengan sadar melukai diri hanya untuk tetap mencintaimu.”

Tipe Cowok Ceroboh

Mario Balotelli tertawa konyol via google
Mario Balotelli tertawa konyol via google

Cowok ceroboh sering melakukan sesuatu di luar batas substansi yang sebenarnya. Tipe ini dapat ditemukan dalam sosok Mario Balotelli. Dari mulut dan kelakuannya, ia malah sering membuat pandangan negatif orang lain pada dirinya. Ia lebih banyak rebut berkomentar mengenai orang lain daripada membenahi apa yang dilakukan selama ini. Cowok dengan tipe seperti ini biasanya sering ditemui di lorong-lorong jembatan. Karena pada dasarnya wanita akan meninggalkannya ketika sedang berkencan.

The Man Who Can’t Be Move

Bayangan masa lalu dalam tatapan teduh Fabregas via google
Bayangan masa lalu dalam tatapan teduh Fabregas via google

Fabregas adalah representasi dari tipe cowok the man who can’t be move. Ia adalah tipe cowok yang sering stalking dan tidak mampu berpindah dari satu hati. Kepindahannya dari Barcelona menuju Arsenal di usia muda agaknya sering kali membuat ia galau. Akhirnya, ia memutuskan untuk rujuk dengan mantan. Hanya sebentar, ia kemudian pindah ke hati yang lain. Sayangnya, ia sampai hari ini tetap mencari informasi mengenai perkembangan dan kondisi mantannya. Harusnya Fabregas paham betul bahwa masa lalu adalah pijakan untuk mencapai masa depan. Meskipun semua orang tiada yang tau apa yang akan terjadi dengan takdir Tuhan.