Judul: The Amazing Spider-Man 2
Sutradara: Marc Webb
Pemain: Andrew Garfield, Emma Stone, Shailene Woodley, Jamie Foxx, Dane DeHaan
Produksi: Sony Pictures
Tahun: 2014

Satu lagi film superhero yang dirilis 2014 lalu dan banyak menarik minat penonton. Ya film The Amazing Spiderman 2. Film ini merupakan sequel dari Amazing Spiderman dimana pada film pertamanya, Peter Parker (Andrew Garfield) mengabaikan peringatan Ayah Gwen untuk menjauhi putrinya, Gwen Stacy (Emma Stone).

Walaupun pada bagian awal sequel film ini keduanya masih berhubungan, namun akhirnya keduanya berpisah. Di tengah masalah itu, Peter masih mencari tahu tentang rahasia kenapa kedua orangtuanya meninggalkannya, dan di sisi lain justru harus menghadapi musuh baru.

Seorang penjahat bernama Max (Jamie Foxx) yang juga mempunyai kekuatan mutan dan dapat mengendalikan muatan listrik membahayakan penduduk New York. Saat itu, Peter bertemu dengan teman lama, Harry Osborn (Dane DeHaan) yang memberi petunjuk tentang riset orang tuanya.

Selain Max, ada juga penjahat lainnya dalam film The Amazing Spiderman 2 ini, yaitu Green Goblin yang tidak lain adalah Harry. Musuh lainnya lagi adalah Rhino yang sebenarnya penjaga biasa namun direkrut oleh Harry dengan memberinya pakaian besi.

Dalam film ini dijelaskan bahwa Max awalnya adalah pengagum dari Spiderman, namun justru menjadi musuhnya. Selain itu, hubungan Harry yang kini menjadi musuh Spiderman juga digambarkan dengan jelas di sini.

Overall, ada juga yang ngomong kalau film berdurasi 80 menit ini sebenarnya lebih terkesan film komedi romatis dibandingkan film superhero. Ceritanya memang sesuai dengan karakter asli tokoh animasi spiderman yang lucu, kocak bahkan dialognyapun mengalir sehingga terasa hidup.

Jika dibandingkan dengan Spiderman tahun 2002 – 2007 yang diperankan oleh Tobey Maguire yang menunjukkan kesal cool, Andrew justru menunjukkan kesan yang lucu dan kocak. So, kalau Anda mengikuti Spiderman era 1990an, tentunya akan merasa puas dengan karakter yang memang mirip dengan Spiderman era tersebut.

Tentu saja kekuatan film ini terletak pada plotline utama yang menceritakan jati diri Peter sebagai Superhero yang harus melawan electro dan juga tentang hubungan Peter-Gwen yang walaupun telah putus namun masih berhubungan dengan baik.

The Amazing Spiderman 2 yang disutradarai oleh March Webb ini secara keseluruhan memberikan efek yang bagus, bahkan film ini juga dibuat dengan format 3D dan imax 3D sehingga efek-efek fantastis semakin bisa kita rasakan.

Sumber poster gambar: http://img4.wikia.nocookie.net/__cb20131204012959/marveldatabase/images/0/03/The_Amazing_Spider-Man_2_%28film%29_banner.jpg