Judul: Teori-Teori Politik
Penulis: Imam Hidajat
Penerbit: Nurul Abyadl
Tahun: 2002
Tebal: 116

Perbincangan mengenai apa yang terjadi dalam politik selalu menarik perhatian. Terlebih bagi indonesia sebagai negara yang sedang mengalami apa yang disebut Guillermo O’Donnell dan Philippe Schmitter sebagai masa transisi menuju demokrasi. Kita menyaksikan di mana-mana masyarakat berbicara soal politik: terjadi eforia dalam masyarakat akibat puluhan tahun mereka dilarang berbicara soal politik.

Buku ini hadir untuk membahas, memperkaya dan memperkuat wacana masyarakat secara teoritik mengenai politik. Dengan bahasa sederhana dan mudah dimengerti, penulisnya mengupas berbagai hal yang berkaitan dengan politik, seperti pendekatan dan strategi dalam politik, teori negara dan pemerintahan, teori kekuasaan, relasi agama dan politik, ideologi, filsafat politik, sosiologi politik, teori konflik, integrasi dan stabilitas politik, hubungan internasional, perspektif politik islam sampai pada format politik indonesia. Semuanya dibingkai dalam keberpihakan yang kuat kepada demokrasi.

Kapita Selekta Politik

Buku ini ditulis dalam bentuk kapita selekta politik, dan diselesaikan di tengah-tengah kesendirian sang penulis dalam kerangka introspeksi terhadap proses-proses kebijaksanaan dan lingkaran kekuasaan.

Mark Twain pun menulis, “Bukanlah hal yang terbaik adalah jika kita berpikir sama, tapi perbedaan persepsi itulah yang membuat kehidupan yang dinamis. Apabila ada perbedaan kebijaksanaan, tanyakan mereka, dan binalah mereka.”

Perkembangan Ilmu politik sampai saat ini terus mengalami penelitian-penelitian yang bermula dari pengertian politik, teori-teori politik, lalu menjadi sistem politik, bisnis dan politik, politik kontemporer, budaya politik dan politik berada di dalam lingkaran ideologi serta agama. Buku ini adalah salah satu sumber informasi yang dapat memberikan sumbangan wacana dalam pengajaran ilmu politik, atau Anda yang dalam status sedang bermain politik, berdemokrasi dan yang terpenting lagi sebagai nasihat politik bagi hati nurani yang sedang menjalankan kekuasaan.

Daftar Isi

Bab 1: Pengertian dan Pendekatan dalam Politik
Bab 2: Bangsa, Negara dan Pemerintahan
Bab 3: Kekuasaan dan Moralitas (Kratologi)
Bab 4: Agama dan Politik
Bab 5: Ideologi
Bab 6: Filsafat dan Sosiologi Politik
Bab 7: Demokrasi
Bab 8: Konflik dalam Politik
Bab 9: Integrasi dan Stabilitas Politik
Bab 10: Strategi dan Bisnis dalam Politik
Bab 11: Hubungan Internasional
Bab 12: Perspektif Politik Islam
Bab 13: Reformasi Politik di Indonesia
Bab 14: Format Politik Indonesia