Judul : Airlift
Sutradara : Raja Krishna Menon
Pemain : Akshay Kumar, Nimrat Kaur, dan Sameer Ali Khan
Produksi : Cape of Good Film, Emmay Entertainment, dan T-Series
Rilis : 22 Januari 2016

Airlift adalah film bergenre action-drama-history yang rilis pada Januari 2016 lalu. Film ini berkisah tentang evakuasi warga India tatkala sedang terjadi perang antara Irak dan Kuwait pada tahun 1990. Disutradarai oleh Raja Krishna Menon dan dibintangi aktor Bollywood spesialis box office, Akshay Kumar, film ini menuai ragam kritik dan komentar dari berbagai kalangan.

Jalan Cerita

Film Airlift diawali dengan cerita seorang pengusaha bernama Ranjit Katiyal. Ranjit adalah seorang pengusaha yang hanya memikirkan bisnis dan uang. Alkisah, ia sedang berada di Kuwait untuk melakukan kesepakatan bisnis. Bersama dengan istri dan anaknya, ia bertemu dengan pengusaha kaya raya asal Kuwait.

Pada suatu malam pasca pertemuannya, ia mendapati keadaan mencekam yang tengah terjadi di Kuwait. Irak melakukan penyerangan kepada Kuwait. Awalnya, Ranjit tidak terlalu memperhatikan penyerangan tersebut. Ia hanya fokus pada kesepakatan bisnis yang akan terganggu akibat penyerangan tersebut.

Mengetahui hal tersebut, Ranjit kemudian melakukan beberapa upaya untuk menyelamatkan usahanya. Ia mendatangi kedutaan besar India di Kuwait dan juga di Irak. Namun sayang, upaya tersebut tidak membuahkan hasil karena kondisi yang sudah terlanjur meruncing. Malahan, dari upayanya tersebut, ia menemui fakta mencengangkan mengenai kondisi saudara-saudaranya yang tersandera di medan perang.

Ranjit tergerak hatinya. Ia kemudian mulai melakukan usaha untuk menyelamatkan saudara-saudaranya. Kementerian Luar Negeri India ia coba hubungi. Namun, Kemenlu malah acuh terhadap kondisi pekerja asal India yang berada di Kuwait. Akhinya, Ranjit dan 177 ribu warga asal India tersebut mengungsi ribuan kilometer dengan melewati berbagai rintangan menuju Amman, Yordania.

Setelah berhasil mencapai Yordania, perlahan bantuan dari Pemerintah India mulai mengalir. Dikisahkan selama 59 hari dengan lebih dari 488 penerbangan komersil Air India diterbangkan ke zona perang untuk menyelamatkan warga India. Heroik. Begitulah cara terbaik untuk menggambarkan Ranjit di akhir cerita.

Yang Lain dari Airlift

Film Airlift adalah serangkaian film karya Negeri Hindustan yang digarap berdasarkan kejadian nyata. Jika menilik sejarah, kejadian di film ini adalah latar belakang terbesar terjadinya Perang Teluk. Dibawah komando Presiden Saddam Hussein, Irak mulai menginvasi Kuwait pada 2 Agustus 1990 yang menyebabkan peperangan berkepanjangan.

Film ini menuai kritikan dari Pemerintah India karena dianggap terlalu memojokkan Instansi Pemerintah dan dianggap kurang sesuai dengan apa yang terjadi sebenarnya. Hal ini bisa dilihat dari kicauan juru bicara Kemenlu India, Vikas Swarup, “Hiburan yang bagus namun kurang fakta.”

Selain kritikan dari Pemerintah India, film ini juga menuai beberapa nyinyiran karena dianggap plagiat. Beberapa pihak menganggap jika film ini mendompleng kesuksesan film Argo (2012) yang dibintangi Ben Affleck. Namun, tudingan tersebut dibantah oleh Akshay Kumar dan Sang Sutradara. “Bagaimana Airlift bisa dianggap meniru Argo kalau insiden Kuwait itu nyata? Ini bukan tiruan. Ini adalah sesuatu yang harus kita banggakan. Ini adalah kisah tentang evakuasi terbesar dalam sejarah,” jelas Akshay seperti dilansir India Today.

Tak hanya kritikan, apresiasi luar biasa juga didapat karena menyuguhkan tontonan yang membuat mata berdecak kagum. Tidak hanya itu, film ini juga dianggap mampu menumbuhkembangkan semangat nasionalisme dan kebanggaan terhadap para ksatria diplomatik India. Apalagi, jika melihat pada jumlah nyawa, evakuasi tersebut tentu menjadi kebanggaan Pemerintah India karena tercatat sebagai evakuasi terbesar di dunia.