Judul : Pinocchio
Sutradara : Jo Soo Woon
Pemain : Jong Suk Lee, Park Shin Hye, Kim Young Kwang, dan Lee Yoo Bi
Produksi : SBS
Rilis : 13 November 2014

Drama Korea (K-Drama) berjudul Pinocchio ini dibintangi oleh artis-artis beken negeri ginseng. Pinocchio bercerita mengenai kehidupan seorang wartawan yang mengidap sindrom Pinokio. Berbeda dengan sindrom Pinokio pada umumnya, sindrom pinokio yang ada di film ini adalah jika berbohong akan cegukan.

Cerita berawal dari kehidupan Ki Ha Myung (Jong Suk Lee) dengan keluarga harmonis yang dimilikinya. Ayahnya adalah seorang Kepala Pemadam Kebakaran dan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga yang penuh dengan kasih sayang. Kebahagiaan keluarga ini seketika direnggut oleh insiden kematian sang ayah karena ledakan hebat pada saat bertugas. Akibat dari kejadian tersebut, sang ayah diberitakan negatif oleh media dan dijadikan kambing hitam oleh publik.

Dari kisah tragis ini, akhirnya muncul dendam berkepanjangan Ha Myung sekeluarga terhadap profesi reporter. Singkat cerita, Ha Myung kemudian mendaftar menjadi seorang reporter dengan niatan memperbaiki kualitas berita yang diberikan kepada masyarakat. Saat menjadi reporter, Ha Myung bertemu dengan Cho In Ha yang diperankan oleh Park Shin Hye. Ia kemudian jatuh cinta dengan Cho In Ha. Namun, suatu ketika ia mendapati fakta bahwa Cho In Ha adalah anak dari reporter yang sangat dibencinya. Dari sinilah kemudian konflik cinta, benci dan kepentingan yang kompleks ditampilkan.

pinocchio

Drama 20 episode ini menampilkan berbagai fakta –fakta yang mungkin belum diketahui oleh khalayak umum di dunia pertelevisian. Dalam film diceritakan bagaimana stasiun televisi menyeleksi dan memberikan peran pada sebuah berita untuk menggiring perhatian dan opini masyarakat. Berita-berita yang disajikan oleh stasiun televisi lebih mendasarkan pada kebutuhan dan kepentingan yang dimiliki oleh para penguasa dan keuntungan penjualan.

Drama ini juga sering kali dibumbui dengan adegan-adegan lucu. Cegukan-cegukan yang dialami oleh In Ha menjadikan penonton (khususnya saya) semakin gemas melihatnya. Selain adegan lucu, tentu adegan mellow-mellow ala K-Drama turut menghiasi cerita dari episode awal hingga akhir. Film ini sangat layak dan recommended bagi mereka yang menyukai K-Drama. Dan juga sangat direkomendasikan bagi para Shin Hye Lovers.

Selain alur dan cerita film yang dikemas dengan apik, film ini juga memiliki beberapa pesan bagi para penontonnya. Pesan yang dapat ditangkap adalah pencarian kebenaran dengan detail dan jangan terlalu cepat percaya dengan sesuatu. Selain itu, pesan lainnya adalah hindari keinginan untuk balas dendam. Karena dendam adalah seburuk-buruknya belenggu jiwa.

2 COMMENTS

  1. […] (The Great Doctor) merupakan salah satu drama Korea yang mampu menyuguhkan tontonan menarik. Bercerita dengan latar belakang zaman dahulu pada masa Kerajaan Goryeo (sebelum akhirnya menjadi […]