Judul: Fitoor
Sutradara: Abhishek Kapoor
Pemain: Katrina Kaif, Aditya Kapoor, Tabu, Lara Dutta, dan Ajay Devgan
Produksi: UTV Motion Pictures, Film Poska Production
Rilis: 12 Februari 2016

Fitoor adalah film garapan sutradara kondang, Abhishek Kapoor. Sejak awal syuting pada 2015 lalu, film ini tak henti-hentinya menjadi pemberitaan di media massa. Film dibawah naungan produksi UTV Motion Pictures ini diperankan oleh aktris nomor satu India, Katrina Kaif. Bersama Aditya Kapoor, Katrina melakoni cerita romantis dengan dipenuhi bumbu-bumbu permasalahan yang kompleks.

Film ini disadur dari Novel Great Expectations karya Charles Dicken. Sebelumnya, novel tersebut pernah difilmkan beberapa kali, yang terakhir difilmkan dengan judul yang sama dan dibintangi oleh Jermy Irvine. Selain itu, Fitoor juga mengedepankan keindahan Kashmir yang berada di perbatasan India-Pakistan.

Jalan Cerita

Film Fitoor bercerita tentang kisah cinta monyet yang berlanjut hingga kisah Cinta Lama Bersemi Kembali (CLBK) antara sepasang anak muda. Noor (Aditya Kapoor) adalah pemuda biasa yang terlahir dari keluarga miskin. Ia merupakan pemuda yang memiliki tekad kuat untuk memperjuangkan cinta dan citanya. Pemeran Rahul di film Aashiqui 2 ini tampak cool dan bikin melting dengan berbagai adegan yang mempertontonkan separuh badan tanpa busana.

Sementara itu, Firdaus (Katrina Kaif) adalah gadis dengan latar belakang kaya raya. Ia memiliki kehidupan yang terlampau jauh dengan kehidupan Noor. Ia memiliki ibu tiri bernama Begum Hazrat (Tabu) yang membenci laki-laki karena masa lalunya. Kepada Firdaus, ia meminta untuk menjerat dan mematahkan hati setiap lelaki.

Jalinan cinta keduanya dimulai ketika masih di usia anak-anak. Mereka berdua dipertemukan dalam keadaan tidak sengaja. Dari pertemuan tersebut, keduanya mulai menaruh hati satu sama lain. Namun, Noor sering kali mendapati penghinaan dan tekanan dari keluarga Firdaus karena status sosialnya. Noor yang masih kecil bersedih karena penghinaan tersebut. Ia kemudian berkeinginan menjadi pemuda yang gentleman. Sebelum ia mampu mewujudkan hal tersebut, ia harus menerima pil pahit berpisah dengan Firdaus yang harus pindah ke London.

Setelah beberapa tahun berlalu, Noor menjadi salah satu seniman terbaik di India. Ia kemudian diundang ke New Delhi untuk pameran. Secara tidak terduga, disana ia bertemu dengan Firdaus. Keduanya kemudian terjebak dalam lika-liku kisah cinta lama belum kelar.

Kedekatan keduanya semakin hari semakin erat saja. Lewat lagu berjudul “Yeh Fitoor Mera” dengan penyanyi Arijit Singh, kemesraan keduanya mampu membius mata penonton. Adegan panas juga beberapa kali ditampilkan untuk mendukung cerita film. Meski chemistry keduanya terlihat sedikit hambar.

Namun, masalah kembali terjadi. Firdaus ternyata sudah memiliki tunangan. Di pihak lain, Ibu Firdaus kembali berulah. Ia menjadi villain diantara hubungan keduanya. Perjuangan keduanya untuk menyatukan cinta akhirnya berujung bahagia. Cinta mereka tersatukan, meski dengan begitu banyak masalah yang harus diselesaikan.

Perjuangan Cinta dan Cita

Film Fitoor menyuguhkan betapa cinta dapat mengubah jalan hidup seseorang. Noor yang berjuang untuk cintanya-memulai semuanya dengan menggapai citanya terlebih dahulu. Kesadaran akan persamaan status sosial dan perbaikan hidup coba ia wujudkan. Ia seperti mengamini betul quote MasBen, “Pemenang tidak pernah berhenti. Dan orang yang berhenti tak pernah menang.”

Cerita cinta perbedaan kasta memang selalu menarik untuk ditonton. Mengapa? Karena hampir dari keseluruhan film yang ada selalu berakhir happy ending. Dan penonton terlampau tidak biasa melihat film sad ending. Apalagi drama Bollywood-yang terlanjur terstereotip dengan akhir bahagia.

Jika pernah menonton film Great Expectations, tentu kita sudah paham bagaimana alur cerita yang terjadi. Namun, lazim kiranya jika drama garapan Tanah Hindustan selalu memiliki perbedaan dari yang lainnya. Mulai dari bumbu tarian, musikalisasi menghanyutkan, atau wajah cantik nan seksi yang terlanjur lebih diterima oleh penonton Indonesia.

 

Sumber gambar: http://i1.tribune.com.pk/wp-content/uploads/2016/01/fitoor.jpg