Judul : Players
Sutradara : Abbas dan Mastan Alibhai Burmawalla
Pemain : Abhishek Bachchan, Bipashu Basu, Sonam Kapoor, Neil nitin Mesakh, Sikander Kher dan Bobby Deol
Produksi :Viacom18 Motion Pictures
Tahun : 2012

Tidak banyak yang tahu akan adanya film Players bagi para pecinta film bergenre action, kriminal dan drama. Film ini mengadaptasi dari jalan cerita The Italian Job yang masyhur di perfilman Hollywood. Oleh Alibhai Burmawalla bersaudara, film ini kembali digarap dengan sentuhan nyanyian dan tarian khas Bollywood.

Layaknya film yang diadaptasi, film ini juga menceriterakan pencurian yang tak biasa. Motivasi pencurian yang dilakukan tidak melulu tentang uang, emas dan kebendaan lainnya. Akan tetapi, ada motivasi lain seperti seni, taktik dan strategi yang jitu untuk melancarkan aksi yang tak diduga-duga oleh semua orang.

Film Players berkisah mengenai pencurian besar yang dilakukan oleh kelompok pencuri pimpinan Charli. Tim tersebut terdiri dari berbagai latar belakang berbeda. Mulai dari ahli bahan peledak, ahli dalam hal penyamaran, ahli pesulap, ahli mesin mobil sampai dengan ahli hacker komputer internet. Tim ini dibentuk dibawah seorang master pencurian yang sedang mendekam di dalam jeruji penjara.

Jalan cerita begitu menarik tatkala dibawah komando Charli tim ini mulai menyusun strategi untuk melancarkan aksinya. Perbedaan latar belakang yang ada dimanfaatkan sebaik mungkin guna menunjang kesuksesan misi mereka. Dibumbui dengan teknologi yang canggih jalan cerita terasa apik nan tak membosankan.

Setelah semua rencana strategi matang, tiba pada hari aksi dilakukan. Ketegangan-ketegangan saat eksekusi mulai muncul dan tak kunjung berhenti. Well done, mission success! Setelah berhasil lari dari tempat pencurian dan para penjaga, masalah lain menyeruak dalam tim. Pengkhianatan! Ternyata, terdapat 2 orang pengkhianat dalam tim, yaitu Spider (ahli hacker) dan Rhea (ahli mesin mobil).

Emas hasil curian kemudian berhasil dibawa kabur oleh Spider dengan segala strategi penuh akal dan kelicikan. Namun, cerita belum sepenuhnya selesai. Setelah interval, cerita berlanjut dengan misi Charli dan anggota tim yang tersisa untuk kembali mengambil hak mereka yang dirampas oleh Spider. Perang strategipun tak terelakkan antara Charali dengan Spider. Adu kepintaran dan taktik serta exit plan begitu enak ditonton.

Dalam film Players terdapat beberapa hal yang jarang diketahui oleh khalayak umum. Pertama, pencuri sama seperti seniman dan tidak ada pencuri yang mengkhianati seni, artinya setiap pencuri mempunyai keahlian dan cara masing untuk melakukan pencurian. Kedua, hanya polisi yang bisa pensiun, tapi tidak untuk pencuri. Ungkapan tersebut berarti bahwa polisi akan pensiun ketika sudah waktunya, akan tetapi pencuri tidak pernah pensiun dan tidak memiliki batasan usia. Ketiga, disaat polisi masih berfikir, disitulah pencuri sudah melakukan. Ini terjadi ketika pencuri memikirkan akan ditangkap oleh polisi, pencuri akan mencari cari menghilangkan jejak agar tidak diketahui.

Akhir cerita dalam film player menentukan siapa yang memainkan seni dengan dingin penuh dengan strategi sebaik-baiknya. Disisi lain, para penegak hukum yang menjalankan tugasnya tanpa perencanaan yang baik akan ditertawakan oleh para pencuri. Agaknya memang benar apa yang dikatakan oleh Sayyidina Ali bin Abi Thalib bahwa kejahatan yang terorganisir akan mengalahkan kebaikan yang tidak terorganisir.

1 COMMENT