Gianni Vattimo adalah salah satu dari tokoh postmodernisme Italia. Lahir pada 1936 di Torino. Vattimo banyak menerbitkan karya-karya di bidang hermeneutika dan ontologi seperti Being, History and language in Heidegger 1963, The Subject and The Mask pada 1974 dan The Transparent Society pada 1989.

Ada beberapa pokok penting menurut Gianni Vattimo mengenai modernism dan postmodernism dalam bukunya  The Transparan Society” yaitu:

  1. Masyarakat postmodern mengalami perubahan makna emansipasi dari yang ditemukan masyarakat modern. Emansipasi masyarakat modern yang mengutamakan pemberdayaan rasio telah berubah menjadi krisis atas humanisme karena semakin lemahnya metafisika sebagai akibat pemberdayaan rasio yang semakin kuat.
  2. Teknologi telah mengasingkan manusia oleh karenanya teknologi harus dikembalikan pada esensinya sebagai yang berasal dari metafisika dan reduksi atas manusia.
  3. “Transparan” menurut Vattimo adalah suatu keadaan di mana berbagai macam dialektika yang dijumpai dalam keberasalan masing-masing subkultur masyarakat semakin terbebas serta tidak tertuju pada orientasi tunggal.
  4. Emansipasi masyarakat transparan terwujud jika manusia dapat membuat diri mereka memaknai kebenaran pada berbagai sumber yang mereka yakini.
  5. Seni dan Budaya menjadi petunjuk dalam menunjukkan fenomena postmoderisme. Seni postmodern adalah seni yang disorientasi dan konstitutif, artinya orientasi tidak tunggal serta membangun dunia makna sendiri.
  6. Terjadi perubahan esensi utopis menadi heteroutopia. Hal ini dikarenakan pembentukan komunitas mempunyai pemaknaan sendiri-sendiri serta simbolis tersendiri.
  7. Masyarakat transparan adalah masyarakat yang mampu mengemansipasi sendiri kebenarannya sesuai dengan hidupnya. Emansipasi  diri sebagai bentuk kebijaksanaan individu dalam bertindak yang harus melihat  latar belakang, serta pengalaman kebenaran.

2 COMMENTS

  1. mbak terima kasih atas artikelnya,,saya juga mahasiswa sosiologi UB angkatan 2009,,,artikel ini sangat membantu saya dalam memahami pemikiran Vattimo,,terimas kasih kakak