Judul: Manajemen Pendidikan: Kepemimpinan, Motivasi, Konflik, Perubahan, dan Kemitraan dalam Pendidikan
Penulis: Mukhlis Lukman Hakim
Penerbit: Genta Press
Tahun: 2008
Tebal: 222
ISBN: 9793988444

Definisi manajemen yang berbeda di antara pakar yang satu dan lainnya, demikian pula kaitannya dengan fungsinya. Banyak definisi manajemen yang telah diketengahkan oleh para ahli yang dapat dikaji dalam berbagai literatur namun perumusannya tergantung kepada keyakinan dan pandangan para ahli masing-masing.

Manajemen adalah ilmu, yaitu ilmu yang mempelajari dan meneliti upaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan secara efektif dan efisien dengan bantuan sejumlah sumber. Ahli lain mengatakan manajemen merupakan kekuatan yang menjalankan sebuah perusahaan dan yang bertanggung jawab atas keberhasilan dan kegagalannya. Ada pula pendapat lain yang menegaskan bahwa manajemen adalah tindakan memikirkan dan mencapai hasil-hasil yang diinginkan melalui usaha kelompok yang terdiri dari tindakan mendayagunakan bakat-bakat manusia dan sumberdayanya.

Manajemen Pendidikan

Manajemen pendidikan adalah suatu aktivitas memadukan elemen-elemen dalam pendidikan agar tepusat dalam usaha mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan bersama sebelumnya. Manajemen pendidikan menuntut adanya kerjasama dan proses dalam kerangka sistematis, efektif melalui kepemimpinan yang komunikatif untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah disepakati bersama.

Kompetensi pemimpin sangat menentuan arah dan capaian sebuah satuan pendidikan bagaimana mengelola elemen-elemen dan potensi yang dimiliki terlebih di era otonomi pendidikan saat ini yang menekankan Manajemen Berbasis Masyarakat (MBM) dan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Kejelian pemimpin dalam melihat dan mencari peluang sangat dibutuhkan untuk mengembangkan satuan pendidikan.

Buku ini berisi pembahasan dalam perspektif akademis dan teoritik tentang berbagai topik terkait dengan manajemen pendidikan. Di antaranya ialah konsep manajemen pendidikan, pengertian manajemen pendidikan, hubungan antara manajemen dan administrasi, fungsi-fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, koordinasi, bimbingan, komunikasi, evaluasi), ruang lingkup manajemen pendidikan (tata usaha, perbekalan, kepegawaian, kurikulum, keuangan, kesiswaan, hubungan dengan masyarakat), kepemimpinan dalam pendidikan, pengertian dan tipe-tipe kepemimpinan, gaya kepemimpinan, faktor-faktor keberhasilan kepemimpinan, motivasi dalam pendidikan, teori-teori motivasi, motivasi dalam aktivitas pembelajaran, motivasi dalam manajemen pembelajaran, manajemen konflik, jenis-jenis konflik, sumber konflik, pengelolaan konflik, analisis konflik, manajemen perubahan, hakikat perubahan, urgensi perubahan, strategi menghadapi perubahan, dampai dengan topik kemitraan dalam pendidikan.

2 COMMENTS