Judul: Letters to Juliet
Sutradara: Gary Winick
Pemain: Amanda Seyfried, Christopher Egan,
Vanessa Redgrave, Gael Garcia Bernal, Franco Nero
Rilis: 14 Mei 2010
Produksi: Summit Entertainment

Sophie (Amanda Seyfried) adalah wanita yang bekerja di The New Yorker sebagai pemeriksa fakta. Suatu hari, ia pergi berlibur ke Verona, Italia bersama tunangannya Victor (Gael Garcia Bernal). Sesampainya di sana, Victor yang bekerja sebagai seorang chef memanfaatkan kesempatan berlibur itu untuk mencari pemasok bahan-bahan yang diperlukan ketika ia membuka restorannya. Akhirnya Sophie berjalan-jalan sendiri mengunjungi tempat yang ada di Verona.

Sophie pun sampai di sebuah tempat yang konon adalah rumah dari Juliet Capulet (Tokoh dalam kisah Romeo dan Juliet). Dia terheran melihat banyak orang yang menulis surat dan menempelkannya di dinding rumah itu. Sophie memutuskan untuk menuliskan surat juga. Namun sembari ia menulis, ia menyadari bahwa ada seorang wanita yang mengumpulkan surat-surat di dinding dan memasukkannya dalam sebuah keranjang. Ia pun mengikuti wanita itu.

Dia terus mengikuti wanita itu hingga sampai ke sebuah ruangan. Setelah pembicaraan panjang, akhirnya wanita itu menjelaskan pada Sophie bahwa mereka adalah sekretaris Juliet. Orang-orang yang menulis surat untuk Juliet adalah orang-orang yang memerlukan jawaban atas apa yang mereka tulis. Karena hal itu, mereka menjadi sekretaris Juliet untuk menjawab surat-surat yang selama ini ditulis untuk Juliet. Keesokan harinya, Sophie kembali ke tempat sekretaris Juliet untuk ikut bergabung.

936full-letters-to-juliet-poster

Tatkala mengumpulkan surat-surat yang tertempel di dinding rumah Juliet, Sophie menemukan sebuah surat tua yang sengaja disimpan di situ dan tak seorang pun mengetahuinya. Surat itu berasal dari seorang waanita bernama Claire (Vanessa Redgrave) 50 tahun yang lalu. Dia mengkhianati kekasihnya yang hubungannya tidak direstui oleh kedua orang tua Claire. Mereka berjanji untuk bertemu dan melarikan diri bersama namun Claire tidak pernah datang menemui Lorenzo (Franco Nero). Akhirnya Sophie memutuskan untuk membalas surat tersebut.

Cinta itu Tak Pernah Usai

Tak terduga kurang dari seminggu Claire dan  Charlie (Christopher Egan) datang ke Verona. Setelah mengajaknya menemui para sekretaris Juliet, Claire menceritakan kisah cintanya. Bahwa cinta itu tak pernah usai dan dia ingin meminta maaf secara langsung pada Lorenzo atas apa yang terjadi sebelumnya. Sophie pun menawarkan diri ketika Claire mengatakan akan mencari Lorenzo di Verona. Claire dengan senang hati menyambutnya lain hal dengan cucunya, Charlie.

Singkat cerita Sophie, Claire, dan Charlie mencari hingga bertemu banyak orang yang bernama Lorenzo di Verona. Claire mulai putus harapan saat mereka mengetahui bahwa salah satu Lorenzo yang mereka ingin temui telah meninggal dunia. Claire menyerah dan memutuskan untuk mengakhiri pencariannya. Keesokan harinya mendadak di tengah perjalanan Claire ternyata melewati sebuah kebun anggur yang dulu sering dia datangi bersama Lorenzo. Di sana ternyata Lorenzo yang sebenarnya berada.

“Saat membicarakan cinta, tidak ada kata terlambat”

Setelah itu, Sophie kembali ke Amerika bersama Victor. Sesampainya di sana Sophie menyetorkan tulisan pertamanya kepada pimpinannya. Ternyata tulisan yang menceritakan pengalamannya di Verona itu akan diterbitkan. Kabar gembira ini bertambah ketika surat undangan pernikahan dari Claire dan Lorenzo sampai padanya. Namun dia tak sebahagia itu, karena hubungannya dengan Victor semakin renggang. Akhirnya dia berpisah dengan Victor dan mendatangi pernikahan Claire.

Disana, Sophia yang ternyata memendam rasa pada Charlie bermaksud ingin menyatakan perasaannya, namun ada wanita lain di sisi Charlie. Sophia berpikir bahwa sudah terlambat. Pada akhirnya itu hanyalah kesalahpahaman belaka. Kini Sophia dan Charlie bersatu dan hidup bahagia.

Ulasan

Film ini mengajarkan kita akan pentingnya waktu. Janganlah kita membuang waktu yang kita punya karena kita akan menyesal nantinya. Tidak ada cinta di dunia ini yang sangat salah dan sangat benar. Yakini apa kata hati dan perjuangkan cintamu sebelum menjadi penyesalan di akhir hidupmu.