Judul: Get Hard
Sutradara: Etan Cohen
Pemain: Will Ferrell, Kevin Hart, Alison Brie, Edwina Findley, Craig T. Nelson
Produksi: Gary Sanchez Productions
Tahun: 2015

Tersebutlah seorang eksekutif muda, James (Will Ferrell) yang tengah berada di punck kesuksesan karir. Ia bekerja di sebuah perusahaan milik Martin (Craig T. Nelson). Selain sebagai bosnya, Martin juga calon mertuanya. Ya, James memacari anak gadis Martin, Alissa (Alison Brie).

Awal kehidupan James baik-baik saja, bahkan serba sempurna. Ia hidup di sebuah rumah yang besar bersama kekasihnya yang seksi nan menggairahkan. Namun naas menimpanya, kehidupan mewahnya tak bertahan lama. Saat bernyanyi di atas panggung untuk kejutan acara ulang tahun Alissa, FBI tiba-tiba menangkapnya atas tuduhan penggelapan uang.

Martin dan Alissa merasa bingung atas tuduhan terhadap calon keluarga barunya itu. Mereka mencoba meyakinkan agar James tetap tenang selama menjalani hukuman dan mereka akan mengusur semuanya. Proses hukum terus berlangsung hingga James ditetapkan sebagai tersangka.

James tak mampu membuktikan bahwa dirinya tak bersalah. Ia kemudian dinyatakan bersalah dan mendapat hukuman selama 10 tahun di San Quentin, Penjara yang terkenal paling mengerikan. Di sana, akan banyak perkelahian dan praktek penyimpangan seksual antar narapidana

James diberikan kesempatan selama 30 hari untuk mempersiapkan segala sesatu sebelum di menjalani hukuman di San Quentin. Ia cemas dan segera mencari cara untuk belajar semua hal tentang kehidupan di penjara. Ia berusaha mencari guru. Secara kebetulan ia bertemu dengan Darnell (Kevin Hart), seorang tukang cuci mobil dikantornya.

Spontan James meminta Darnell untuk menjadi gurunya. James mengambil kesimpulan yang sangat rasis bagi Darnell. Ia beranggapan bahwa orang berkulit hitam identik dengan kriminalitas, dengan demikian ia pernah dipenjara dan mengerti kehidupan di penjara.

Meskipun tak pernah sekalipun menginjakkan kaki di penjara, Darnell menerima James sebagai muridnya. Keputusan itu ia ambil karena ia sedang berada dalam kondisi susah. James menawarkan uang, Darnell menawarkan jasa training kehidupan penjara. Simbiosis mutualisme antar dua orang konyol.

Kesepakatan tercapai, pelatihan pun dimulai. Dengan bekal penjelasan dari sepupunya yang ketua gengster dan beberapa film yang ia tonton, Darnell berusaha maksimal menjadi trainer yang baik. Rumah James ditata sedemikian rupa hingga menyerupai miniatur penjara lengkap dengan jeruji besi dan pagar kawat beraliran listrik. Para pembantu rumah tangga James juga diberdayakan untuk menjdi asisten trainer.

Hari demi hari pun berjalan, kekhwatiran Darnell terhadap James semakin tinggi. Ia takut dengan pelatihannya, James semakin tak mampu bertahan. Diajaknya James ke tempat sepupunya yang ketua gengster dengan harapan James bisa mendapat perlindungan dari kelompok gengster itu di dalam penjara.

Muncul ide dari Darnell untuk menghapus data diri James pada barang bukti yang ada dikantornya. Pergilah mereka berdua menyelinap ke kantor James untuk mencuri CPU milik Martin. Aksi saling kejar pun tak terhindarkan. CPU yang menjadi rebutan dibawa ke sebuah kapal boat mewah milik Martin.

Di kapal boat itu, James mendapati kekasihnya dan caalon mertuanya bersekongkol untuk menjebak James dalam kasus penggelapan uang itu. Akhirnya terjadi perkelahian, James menunjukkan kemampuan berkelahi yang baik akibat pelatihan yang diberikan oleh Darnell. Di saat yang bersamaan polisi datang ke kapal itu dan mendapati bukti bahwa Martin lah otak dibalik kasus penggelapan uang.

Rasisme, misogini dan homophobia, adalah bahan bakar yang digunakan oleh Etan Cohen untuk menyulut tawa penonton. Hal inilah yang kemudian mengundang kritik terhadap Get Hard. Penonton banyak dibuatnya terbahak memang, tapi jika bahan tertawaan itu menyakitkan bagi sebagian orang, apalah artinya sebuah karya.

Komedi hidup dalam sebuah persamaan. Publik tak akan menilai pesan-pesan tersirat di dalamnya. Jika ia berhasil menimbulkan tawa, maka diampuni semua dosanya. Jika gagal, kesalahan-kesalahannya akan lebih jelas terasa.