Judul : 1448, Love Among Us
Sutradara : Arunsak Ongla-or
Stars: Pattadon Jan-Ngern, Pudit Kunchanasongkarm, Isabella Lete
Produksi : Starlings
Tahun : 2014

Film berjudul “1448, Love Among Us” ini menguak isu sensitif mengenai kisah cinta sejenis (Lesbian). Film ini menceritakan kehidupan Pim, seorang gadis yang sedang menikmati kisah cintanya bersama kekasihnya, Nam. Kisah cinta mereka kemudian mulai mengalami berbagai problem dikarenakan Nam baru saja mendapatkan info bahwa ia mendapatkan beasiswa ke Jepang. Pim merasa ia tidak diperhatikan dan akan ditinggalkan, sebagaimana wanita pada umumnya yang lebih mementingkan ego daripada melihat lebih luas realita dan kondisi sekitar.

Cerita kemudian berlanjut dengan situasi sedih dan menggalau yang terjadi pada diri Pim. Dalam masa-masa sedihnya tersebut, Pim kemudian bertemu dengan Pat. Seorang gadis yang memiliki kegemaran dalam dunia fotografi. Mereka kemudian berteman dan saling mengisi kekosongan untuk sekedar berjalan-jalan dan menghabiskan waktu.

Syahdan, ternyata Pat adalah seorang wanita dengan kelainan orientasi seksual. Ia lebih tertarik dengan sesama jenis, diam-diam ia menyukai Pim. Awalnya, Pim menolak untuk mengakui dan menerima kenyataan bahwa Pat adalah lesbian dan menyukai dirinya. Pat yang tak kenal menyerah kemudian terus melakukan usaha untuk menunjukkan keseriusan cintanya pada Pim.

Di tengah-tengah cerita, Pat ternyata sedang mengandung atas hubungannya dengan Nam. Namun, ia divonis keguguran oleh dokter dan di masa depan tidak akan mampu melahirkan lagi. Saat itulah, Pat yang menyayangi Pim memberikan perhatian dan senantiasa menemani Pim yang sedang mengalami frustasi. Lama-kelamaan, Pim akhirnya dapat menerima cinta dan kasih sayang yang Pat berikan.

Singkat cerita, mereka berdua berjuang sekuat tenaga untuk mempersatukan cinta terlarang tersebut. Keduanya melakukan berbagai usaha mulai dari meminta restu dari orang tua masing-masing hingga meminta perlindungan hukum kepada pemerintah. Perjuangan melawan norma dan hukum mereka lakukan guna mempersatukan cinta mereka. Di akhir cerita, ada ending yang tidak biasa jika melihat riwayat alur drama Thailand. Well, film ini cukup recommended untuk sekedar mengisi waktu luang ataupun menghabiskan akhir pekan.

1 COMMENT