Judul: Jupiter Ascending
Sutradara: The Wachowskis (Andy Wachowski dan Lana Wachowski)
Pemain: Channing Tatum, Mila Kunis, Sean Bean, Eddie Redmayne, Douglas Booth
Produksi: Grant Hill dan The Wachowskis
Tahun: 2015

Pernahkah anda menyangka, sebuah film action sci-fi justru menceritakan seorang cleaning service yang bertugas membersihkan WC. Syahdan cerita, Jupiter Jones (Mila Kunis), seorang putri yang ditakdirkan sebagai ratu dari semua planet terdampar dalam kehidupan yang sengsara hingga dengan terpaksa menjadi seorang pembersih WC.
Kesengsaraan hidup Jupiter Jones bermula ketika ayahnya Maximilian Jones (James D’Arcy) tewas dalam sebuah insiden perampokan. Jupiter bersama ibunya, Aleksa (Maria Doyle Kennedy) kemudian pindah ke Chicago untuk bertahan hidup.

Dengan bantuan Vladie (Jurus Gurry), Jupiter menjual telur miliknya untuk keperluan membeli teleskop. Di rumah temannya, Katharine Dunlevy (Vanessa Kirby) Jupiter diserang oleh makhluk luar angkasa yang bernama ‘Keepers’. Proses donasi telur itu dibantu ole para dokter dan perawat yang ternyata adalah yang sengaja dikirim oleh Ballem (Eddie Redmayne) Raja yang berkuasa saat ini, untuk membunuh Jupiter.

Menjelang pembunuhan Jupiter, Caine Wise (Channing Tatum), seorang mantan tentara dikirim oleh Titus (Douglas Booth) datang untuk menyelamatkan. Stinger Apini (Sean Bean), kawan lama Caine turut membantu misi penyelamatan Jupiter, tetapi di tengah perjalanan cerita sekelompok pemburu menculik Jupiter kemudian membawanya ke istana Kalique di sebuah planet yang jauh. Caine kembali mengambil Jupiter dari Kalique, dan membawanya ke planet Ores (ibukota intergalaksi) untuk mengklaim tahta dan warisannya.

Di samping aksi-aksi mendebarkan, Jupiter Ascending juga menyajikan berbagai tema. Beberapa scene juga menguak berbagai intrik, humor, dan juga kisah cinta, yang berfokus pada Jupiter dan Caine.

Film ini semestinya mampu menyajikan scene yang ‘menggugah’ perasaan jika cerita dan pemilihan cast digarap dengan lebih serius. Munculnya jalinan cinta antar Caine dan Jupiter terkesan klise, muncul secara mendadak dengan dasar ikatan yang tak cukup kuat. jalan cerita film ini terlalu mudah ditebak, intrik politiknya juga tak begitu dramatis.

Bagaimanapun juga, The Wachowskis bersaudara layak mendapat pujiankarena mampu menyajikan efek visual luar angkasa yang indah seperti “Graffiti’, desain pesawat yang terkesan megah dan canggih, kostum futuristik nan elegan dan unik khas kerajaan.