Judul : Insurgent
Sutradara : Neil Burger
Pemain : Shailene Woodley, Maggie Q, Zoe Kravitz, Ansel Elgort, Jai Courtney, Kate Winslet
Tahun : 2015
Produksi : Red Wagon Entertainment, Mandeville Films, Summit Entertainment

Setelah sukses di film pertamanya, Divergent. Rumah produksi Red Wagon bersama beberapa rumah produksi yang lainnya meluncurkan sekuel kedua yang disadur dari novel karya Veronica Roth. Film ini masih dihuni oleh Tris (Shailene Woodley) yang sedang mencari sekutu dan jawaban di reruntuhan Chicago futuristik bersama pacarnya Four (Theo James). Mereka juga ditemani oleh Peter (Miles Teller), Caleb (Ansel Elgort) dan Marcus Eaton (Ray Stevenson).

Cerita dimulai dengan perburuan yang dilakukan oleh pemimpin Erudite yang haus akan kekuasaan, Jeanine Mathews (Kate Winslet). Pada saat yang bersamaan, Tris dan Four harus berpacu dengan waktu, mereka dituntut untuk segera mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi pada keluarga Tris. Dari pencarian tersebut, banyak hal yang terbuka dan mulai terkuak kebenaran mengenai Erudite.

Insurgent banyak bercerita mengenai arti dari sebuah kepercayaan. Perjalanan hidup Tris masih dihantui kisah masa lalu dan keputus asaan atas kegagalan melindungi orang yang dicintainya. Untuk mencari tahu kebenaran sesungguhnya, ia disibukkan dengan memberikan kepercayaan mengenai sumber informasi yang dicarinya. Bersama empat orang di sisinya, ia menghadapi satu tantangan mustahil yang bisa diselesaikan.

Berbeda dengan Divergent, film ini tidak terlalu banyak adegan romantis. Di film ini, penonton akan lebih banyak disajikan adegan pertengkaran Tris dan Four. Selain itu, ada juga cerita tentang pengkhianatan tidak terduga yang dilakukan oleh Caleb. Pengkhianatan Caleb adalah ikut melarikan diri bersama sisa Abnegation dan kembali ke Erudite. Caleb kemudian menjadi tangan kanan Jeanine dan membuat simulasi untuk membunuh Tris.

insurgent pictureDibandingkan dengan film pertama, dapat dikatakan bahwa secara umum Insurgent lebih menarik. Penonton akan dibuat penasaran dan diberikan kejutan-kejutan tak terduga atas alur cerita film. Insurgent lebih banyak menampilkan adegan-adegan penuh kekerasan, pemberontakan, dan pengkhianatan.

Ending cerita juga semakin menggugah penonton untuk cepat-cepat ingin melihat sekual terakhir dari trilogi Divergent. Well, segera datangi bioskop-bioskop terdekat untuk menikmati kejeniusan dari film yang digarap dengan begitu hebat oleh sutradara Neil Burger ini.