Judul: Survivor
Sutradara: James McTeigue
Pemain: Milla Jovovich, Pierce Brosnan, Dylan McDermott, Angela Bassett, Robert Forster, James D’Arcy, Frances de la Tour
Produksi: Millennium Films
Tahun: 2015

Di tengah menjamurnya film action yang selalu menyajikan gemerlap narasi kata dengan penuh kepanikan dan kerumitan permasalahan, “Survivor” hadir dengan wacana sederhana nan logis. Tidak akan terjadi “adegan lebay”, pun tak ada ledakan kembang api di setiap sepuluh menit berjalannya film.

Sahdan cerita seorang anggota unit keamanan Kedutaan Besar Amerika Serikat yang bernama Kate Abbott (Milla Jovovich) baru saja ditugaskan di London. Ia bertanggungjawab untuk memverifikasi data pendaftar visa yang bermasalah dan terindikasi sebagai teroris. Kate mulai bekerja di sana setelah sebagian besar teman-temannya tewas dalam peristiwa pengeboman WTC pada 9 November 2001 di New York City.

Hanya beberapa hari setelah ia bertugas, sebagian besar tim pegawai pembuat visa terbunuh. Bom meledak di restoran tempat merayakan ulang tahun atasan mereka, Bill Talbot (Robert Forster). Akhir cerita, diketahui bahwa sosok di balik pengeboman ini adalah Watchmaker (Pierce Brosnan), seorang pembunuh bayaran yang terkenal kejam.

Hanya Kate yang selamat dari pengeboman itu karena dia pergi meninggalkan restoran untuk mengambil kado ulang tahun Bill. Pasca ledakan, ditemukan kartu ATM milik Kate di toko suvenir, ini menjadi alat bukti untuk menuduh Kate sebagai pelaku pengeboman.

Dalam pelariannya, Kate bertemu dengan Bill di sebuah tempat umum. Di sana, Bill yang sudah bersekongkol dengan para teroris mencoba membunuh Kate. Terjadi pergulatan yang berujung pada kematian Bill. Pembunuhan Bill oleh Kate yang diketahui oleh publik ini semakin menguatkan tuduhan bahwa Kate adalah pelaku kekacauan sebelumnya.

Para teroris berencana meledakkan Bola Raksasa Times Square pada malam tahun baru. Di saat yang sama Kate masih dalam pelarian sekaligus berupaya mengungkap rencana peledakan bom di Times Square itu. Kate menyelinap kembali ke kedutaan dan membuat paspor palsu bagi dirinya sendiri. Ia kemudian terbang ke New York untuk mengejar Dr. Balan.

Dalam pertarungan terakhir di sebuah atap gedung di Times Square, Kate berhasil membunuh Watchmaker dengan melemparkannya dari atap sebelum ia memicu bom dengan sebuah tembakan.

Film yang disutradarai oleh James McTeigue ini cukup sukses dalam mengikat simpul-simpul peristiwa kecil di awal film sebagai pijakan yang kuat atas terjadinya peristiwa besar di akhir film. Sebagai contoh, bayangan masa lalu Kate dengan teman-temannya yang terbunuh saat peristiwa 9 November terhubung dengan motivasi Wachmaker dan orang yang membayarnya untuk meledakkan Times Square. Berikut ini dialog Watchmaker di sepertiga akhir film, “Keberuntungan dibuat ketika darah tertumpah di jalan. Dan akan segera terjadi banjir darah di New York, Seperti saat teror 9 November.”

Meski cukup sukses menghubungkan semua detail peristiwa dalam setiap scene, film ini tak cukup berhasil dalam mempertahankan ketegangan dan tak nampak sebuah dentuman peristiwa besar sebagai puncak konflik.