Tak hanya sebagai syarat sahnya sholat, wudlu ternyata punya segudang manfaat. Bagi sebagian orang, wudlu hanya dianggap sebagai salah satu tahap untuk beribadah. Tak banyak yang tahu rahasia di balik wudlu. Saya akan bocorkan beberapa rahasianya. Karena Ini sifatnya rahasia, jadi jangan bilang siapa-siapa ya!!!

Sebagai Pengganti Mandi

Ini cocok banget buat kamu-kamu yang sulit atau malas mandi. Terutama buat mahasiswa nih. Gak usah munafik deh, kita semua tau kok kalau 50% keberangkatanmu menuju kampus tanpa guyuran air. Apalagi di musim penghujan kayak gini. Daripada menghabiskan 5 menit buat mandi, kan mendingan stalking kegiatannya gebetan.

Karena mandi adalah pilihan via google
Karena mandi adalah pilihan via google

Biar syarat sah berangkat kuliah terpenuhi, wudlu bisa kamu jadikan pengganti. Kelebihannya, wudlu kan gak membutuhkan waktu yang lama. Kamu bakalan tergolong mahasiswa akselerasi dalam hal membersihkan badan. Selain itu, bisa ngirit air juga. Nahh, kalau kamu memakai wudlu sebagai pengganti mandi. Seminggu setelah kebiasaan tersebut, coba kamu datang ke ibu kos. Bilang ke dia kalau kamu minta diturunin uang kosnya. Masak harga sewa yang mandi sama yang cuma wudlu disamain?

Obat Melek Pengganti Kopi

Manfaat selanjutnya adalah wudlu bisa dijadikan pengganjal kantuk. Ini cocok buat kamu yang sayang sama tubuhmu di saat tugas kampus dan tugas nonton Liga Champions tengah melanda. Kalau biasanya teman begadangmu adalah kopi, mulai malam ini ganti dengan berwudlu. Kopi gak baik lho buat kesehatan. Sama kayak cinta. Bedanya, kopi membunuhmu perlahan. Sedang, cinta membunuhmu seketika.

Wudlu sebagai Relaksasi

Manfaat yang kedua adalah wudlu bisa jadi bahan relaksasi buat kamu yang penat dan banyak kesibukan. Cocok buat anak muda yang sedang frustasi. Entah karena banyak tugas, kehabisan uang jajan, atau yang lainnya.

Tangisan dalam dekapan doa via google
Tangisan dalam dekapan doa via google

Terutama buat kamu semua yang sedang putus cinta. Sudahlah, gak usah banyak menggalau dan menangis. Perbanyak wudlu biar tubuh dan pikiran kamu tenang. Nah, kalau sudah wudlu. Kan tanggung kalau gak sholat. Sekalian lanjut sholat sama curhat ke Allah. Daripada kamu nangis dan merayu buat ngajak balikan, mendingan ngerayu Dia yang memutuskan dengan siapa hidupmu kelak dihabiskan.

Meningkatkan Ketajaman Pandangan

Punya hobi membaca? Kalau kamu tergila-gila sama buku atau bacaan-bacaan, lebih baik kalau kamu juga nambah satu hobi lagi. Yups, berwudlu. Kalau kamu beruntung, kamu juga bisa mendapat ma’unah dari Tuhan. Kamu bisa memandang bintang yang jauh tanpa teleskop atau bisa melihat masa depan tanpa belajar ilmu meramal. Apa dasarnya? Kun Fayakun!

Ganteng Maksimal

Dasar berwudlu dalam perspektif kegantengan via google
Dasar berwudlu dalam perspektif kegantengan via google

Manfaat terakhir cocok sangat buat kamu yang lagi bokek dan gak mampu beli sabun muka. Dalam salah satu hadits disebutkan kalau dengan berwudlu bisa membuat wajah bercahaya. Bagaimana penjelasan ilmiahnya? Sabar, nanti di tulisan selanjutnya akan saya jelaskan. Yang jelas jika kamu berwudlu, wajah kamu akan terlihat lebih bersih dari biasanya. Dan kamu akan memiliki wajah merona secara alami. Inilah janji Allah, bukan janji Pon*s.