Judul: How to Train Your Dragon 2
Sutradara: Dean DeBlois
Produksi: 20th Century Fox
Tahun: 2014
Pemain (suara): Jay Baruchel, Craig Ferguson, America Ferrera, Jonah Hill, Kristen Wiig, T.J. Miller

Film animasi How to Train Your Dragon akhirnya muncul kembali dengan sekuelnya yang kedua. Tentang bagaimana petualangan selanjutnya yang dihadirkan oleh film ini, How to Train Your Dragon 2, bercerita tentang bagaimana mereka mengakhiri pertempuran menjadi sebuah perdamaian.

Sudah lewat lima tahun sejak Hiccup dan Naga Toothless berhasil bersatu dengan masyarakat Viking di Pulau Berk. Sifat Hiccup yang kekanak-kanakan rupanya sudah hilang dalam film ini dan Hiccup telah berubah menjadi seorang laki-laki dewasa.

Di sisi lain Astrid dari geng penentang naga juga tumbuh menjadi wanita cantik. Setelah geng penentang naga akhirnya melakukan perlawanan kembali, petualangan Hiccup dan naganya kemudian mengarah pada sebuah penemuan rahasia.

Hiccup menemukan gua es yang ternyata adalah rumah bagi ratusan naga liar dan penunggang naga misterius. Masalah muncul ketika Hiccup bertemu dengan sang penangkap naga bernama Eret. Eret selalu menangkap naga dan kemudian menyerahkan naga-naga tersebut ke penjahat utama dalam film ini, yaitu Drago.

Drago adalah orang yang sangat terobsesi untuk menjadi satu-satunya penunggang naga. Ia telah berhasil menaklukan ratusan naga dan menjadikan mereka sebagai tentaranya. Toothless pun menjadi target buruan selanjutnya. Dalam film How to Train Your Dragon 2 ini, kemunculan Drago merupakan antitesis dari tokoh Hiccup yang lembut dan sangat menyayangi naganya. Petualangan yang dilalui Hiccup melawan Drago ternyata membuat Hiccup berhasil mengungkap sebuah masa lalu orang tuanya, dan ia pun menemukan kembali ibunya.

Penambahan peran sang ibu di sini menjadikan film How to Train Your Dragon menjadi lebih luas dan bermakna. Selain itu, alur, cerita, serta akhir dari film ini pun juga tidak terduga. Matinya salah satu tokoh penting dalam film membuat penonton menjadi tergerak hatinya dan turut merasakan sedih.

Bagi anak-anak, ini adalah film hiburan yang memiliki banyak pesan moral di dalamnya. Tidak hanya bercerita tentang bagaimana Hiccup merawat dan menyayangi naga sebagai hewan peliharaannya, film ini juga memperkenalkan kita tentang indahnya sebuah perdamaian dan juga besarnya peran seorang ibu dalam kehidupan kita.

1 COMMENT