Judul : Holiday
Sutradara : A.R. Murugadoss
Pemain : Akshay Kumar, Sonakshi Sinha, Govinda, Dipendra Sharma dan Sumeet Raghvan
Produksi : Reliance Entertainment
Rilis : 06 Juni 2014

Film karya A.R. Murugadoss ini bercerita mengenai semangat nasionalisme tentara militer India. Film dengan durasi hampir 150 menit ini penuh dengan adegan-adegan action yan dibumbui dengan tari-tarian ala India. Film yang berkisah tentang lika-liku kehidupan, cinta, dan keberanian.

Film dimulai dengan cerita mengenai Kapten Viraat Bakshi (Akshay Kumar) yang merupakan seorang perwira militer di India. Ia sedang dalam perjalanan kembali ke rumahnya di Mumbai untuk berlibur. Viraat adalah pasukan terbaik di batalyon militer milik pemerintahan India. Selain perwira, Viraat juga merupakan agen rahasia untuk dinas pertahanan.

holiday

Keluarganya menginginkan agar ia segera menikah dengan Saiba yang diperankan oleh Sonakshi Sinha. Setelah pertemuan kedua keluarga, Viraat menolak untuk menikah dengan gadis tersebut dengan alasan kuno dan bukan tipenya. Ia tidak mengetahui jika Saiba adalah seorang petinju profesional yang dapat mengalahkan lawannya hanya dengan sekali pukulan.

Suatu hari, Viraat sedang bepergian bersama temannya inspektur Mukund (Sumeet Raghavan). Pada saat itu tiba-tiba terjadi ledakan bom yang membunuh banyak orang tidak bersalah. Viraat yang menyaksikan kejadian tersebut, segera menangkap teroris sebelum sempat melarikan diri.

Singkat cerita, teroris tersebut termasuk dalam kelompok sleeper cells, kelompok teroris yang paling berbahaya di dunia. Dengan kemampuan intelejensi dan bantuan dari pihak militer dan kepolisian, Viraat akhirnya menemukan titik terang. Kelompok sleeper cells sedang dalam operasi pengeboman di seluruh wilayah Mumbai dan India.

Setelah salah satu anggotanya tertangkap, pemimpin kelompok sleeper cells akhirnya menampakkan diri. Ia mulai menarget dan menculik keluarga serta orang terdekat Viraat dan teman-teman militernya. Dengan keberanian dan semangat nasionalismenya, Viraat akhirnya datang dan menemui sleeper cells. Perkelahian antara Viraat dengan pimpinan sleeper cells di sebuah kapal besarpun tidak dapat dihindari. Diakhir film, ada fakta yang terkuak jika keberadaan sleeper cells adalah rekayasa oknum pemerintahan sendiri.

Film ini memiliki pesan mendalam untuk semua orang, khususnya pihak militer dan kepolisian. Banyak pesan yang diberikan lewat berbagai adegan dan percakapan antar para pemain. “Jika para teroris siap mengorbankan nyawanya, mengapa kita tidak”.

[fresh_video url=”http://www.youtube.com/watch?v=olQES0cvzqQ”]

4 COMMENTS