Sebagai pecinta film bollywood dan pengagum Shahrukh Khan, hampir 15 tahun saya mengikuti film-film produksi tanah Hindustan. Di era 90an, layar pertelevisian Indonesia mulai dipenuhi dengan ekspansi perfilman bollywood. Hampir tiap hari minimal ada 2 film bollywood yang tayang di beberapa stasiun televisi.

Diawal ekspansi tersebut, cerita film masih berkutat dengan romantisme percintaan. Alur cerita juga dibumbui dengan keberadaan  tokoh protagonis bernama Tuan Takur dan super hero yang diwakili Inspektur Vijay. Perebutan harta dan upaya-upaya penguasaan jabatan masih meliputi seputaran konflik yang ditampilkan.

Menginjak akhir 90an dan sekitaran tahun millenium. Dunia perfilman dikejutkan dengan munculnya film “kuch kuch hota hai”. Film bertajuk cinta segitiga yang diperankan oleh Shahrukh Khan, Kajol dan Rani Mukherjee ini menjadi salah satu pelecut tenarnya nama bollywood. Kuch kuch hota hai pula yang menjadi tonggak munculnya film-film lain yang bercerita drama romansa musical khas negeri Sungai Gangga tersebut.

Dewasa ini, industri film bollywood sudah tidak lagi berkutat dengan cerita cinta dan lika-likunya. Produksi film bollywood dapat dikatakan “keluar dari genre aslinya”. Sangarnya, film-film tersebut begitu berani menampilkan wujud asli dan kritik pedas dalam alur ceritanya.

Swades

Film yang dibintangi oleh Shahrukh Khan ini bercerita mengenai kondisi sosial masyarakat yang ada di tanah Hindustan. Swades mengupas sisi lain dari kehidupan di India. Tentang perbedaan kelas, kebudayaan, dan kekolotan masyarakat India. Selain itu, Swades juga mencoba untuk menumbuhkembangkan jiwa nasionalisme dan rasa memiliki terhadap perbaikan kondisi disana.

Taare Zaman Paar

Film ini berkisah tentang seorang anak kecil dengan keterbelakangan mental. Meskipun memiliki kekurangan, setiap manusia tentu saja sudah diberikan kelebihan juga oleh sang pencipta. Kisah inspiratif yang dapat menggugah rasa kemanusiaan. Taare Zaman Paar memberikan begitu banyak pesan bagi kita semua dalam menjalani hidup.

3 Idiots

3 idiots adalah salah satu film paling fenomenal produksi Bollywood. Film yang menceritakan tentang carut marutnya sistem pendidikan yang ada. Film ini menyajikan sebuah gagasan dan penyadaran mengenai model pendidikan sesungguhnya. Dikemas dengan apik oleh sang sutradara, film ini sangat recommended bagi semua kalangan.

Raajneti

Berbeda dengan yang lainnya, Raajneti bercerita mengenai kondisi politik yang ada di pemerintahan India. Film ini begitu vulgar dalam menelanjangi segala bentuk dan buruknya dunia perpolitikan. Cerita tentang perebutan kekuasaan yang dibumbui dengan kekerasan dan perkawinan politik menjadi suguhan yang begitu menarik dan atraktif.

PK

Dengan tokoh utama Amir Khan, PK adalah film yang sempat menggegerkan jagad perfilman dunia. PK mengupas mengenai kehidupan beragama yang dikemas dengan balutan komedi dan romansa khas india. Tak hanya itu, PK juga mencoba menjelaskan konsep sebenarnya dalam menjalankan ritus-ritus agama seutuhnya. Terdapat begitu banyak pesan bagi penonton mengenai kehidupan beragama.