Judul: Fifty Shades of Grey
Sutradara: Sam Taylor-Johnson
Pemain: Dakota Johnson, Jamie Dornan, Eloise Mumford, Luke Grimes, Rita Ora, Victor Rasuk, Max Martini
Produksi: Focus Features, Michael De Luca Productions, Trigger Street Production
Tahun: 2015

Film ini diangkat dari novel E. L. James, seorang penulis berkebangsaan Inggris. Turut berkontribusi dalam meningkatkan penjualan novel yang sebelumnya sudah laris terjual sebanyak 100 juta kopi, Novel yang terbit tahun 2011 ini juga telah diterjemahkan ke 30 bahasa.

Cerita bermula ketika Ana (Dakota Johnson) membantu teman sekampusnya mewawancarai dan mengambil foto seorang jutawan muda bernama Christian Grey (Jamie Dornan). Dibalik berbagai kelebihannya, Grey memiliki satu kekurangan yaitu cenderung suka memaksakan kehendak. Meskipun demikian, Ana mencintainya dan diam-diam Grey juga merasakan hal yang sama.

Kesepakatan untuk menjalin hubungan antara keduanya terjadi ketika Ana mendapati dirinya terbangun di kamar hotel Grey setelah ia terlampau mabuk di sebuah pesta. Mulanya Ana mencurigai bahwa Grey telah berbuat buruk kepada dirinya saat ia sedang mabuk dan tertidur. Namun Grey sama sekali tidak melakukan kejahatan apapun pada Ana. Sejak saat itu pula, kekaguman Ana pada Grey semakin memuncak.

Hubungan keduanya berlanjut, keduanya menjalani gaya bercinta dengan penuh dinamika. Hari-demi hari berjalan, Ana semakin terperangkap pada Grey yang erotis, sensual, terlampau dominan dan seringkali melakukan penyimpangan seksual.

Ana yang mulai menyadari sisi erotis dalam dirinya membiarkan penyimpangan yang dilakukan oleh Grey padanya, bahkan ia mengimbangi segala keanehan Grey. Meskipun diawali dengan perasaan ragu, Ana akhirnya mencoba gaya bercinta Grey yang kasar. Beberapa alat seperti cambuk dan rantai dipakai oleh Grey untuk menyiksa Ana saat mereka bercinta.

Atas dasar rasa cintanya, Grey memberi kesempatan pada Ana untuk pergi meninggalkannya. Ana yang terlanjur tenggelam dalam pesona Grey justru tertantang untuk membahagiakan dan menerima pacarnya itu lengkap dengan segala penyimpangan kelakuan seksualnya.

Sifat over dominan yang dimiliki Grey mendorongnya untuk selalu membuat kesepakatan tertulis bersama para gadis yang tidur bersamanya termasuk dengan Ana. Ada kewajiban-kewajiban yang harus ditaati oleh para budak seksnya itu. Tentu disertai dengan hukuman-hukuman jika terjadi pelanggaran terhadap aturan itu.

Meskipun Ana telah menjalani beberapa kali aktivitas bercinta dan menerima beberapa hukuman dari Grey, ia belum menandatangani kesepakatan tertulis yang dibuat oleh Grey. Hukuman dan pelayanan yang diberikan olehnya, ia anggap sebagai proses training. Beberapa kesalahan seperti menggigit lidah telah membawa ana pada hukuman pukulan dari Grey. Nyatanya hal itu ia jalani dengan senang hati.

Setelah pulang dari mengunjungi ibunya, Ana mencoba untuk merasakan hukuman terberat yang selama ini masih disimpan oleh Grey. Rasa cinta dan rasa kemanusiaan Grey pada Ana ternyata dapat dikalahkan oleh perasaan dan fantasi erotikanya. Akhirnya Ia memberikan hukuman terberat berupa 6 pukulam Cambuk di telapak tangan Ana. Di akhir cerita, Ana tak sanggup menerima hukuman terberat itu, Ana meninggalkan Grey bersama segala penyimpangan dan rasa cintanya.

Jangan risau dengan kualitas film ini. Anda tidak akan disuguhkan cerita yang serampangan seperti film erotis lainnya. Adopsi dari novel membuat film ini menjadi lebih berkualitas dan cukup matang alur ceritanya.

Sayangnya film ini tidak tayang di bioskop Indonesia karena tak lolos sensor. Jika anda tertarik menikmatinya, selamat berselancar di berbagai situs download film.

Sumber gambar: nypost.com