Judul : Drishyam (Wrong or Wronged)
Sutradara : Nishikant Kamat
Pemain : Ajay Devgn, Shriya Hasan, Tabu, Ishita Dutta
Produksi : Panorama Studios dan Viacom18 motion pictures
Tahun : 2015

Vijay Salgaonkar (Ajay Devgn) adalah seorang suami yang juga ayah dari dua anak perempuan. Ia memiliki usaha maintenance televisi kabel di Kota Goa. Konon, Vijay tidak menyelesaikan sekolahnya, ia hanya sampai pada kelas 4. Di kalangan teman-temannya, ia termasuk orang yang sederhana, baik hati dan tidak banyak tingkah. Karena kebaikannya, beberapa orang hingga menganggapnya malaikat yang diutus dari langit.

Vijay memiliki hobi menonton film. Ia biasanya menonton film di kantornya, perihal yang menyebabkan ia sering menginap di kantor dan jarang pulang ke rumah. Tak satupun film yang ada di televisi dilewatkannya. Dari hobinya tersebut, beberapa kali ia memahami pola hidup dan pengambilan solusi berdasarkan cerita dan problem solving yang ada di film.

Di sekitar kantornya, ada warung makan yang biasanya ia kunjungi dua kali sehari. Tak jauh dari warung makan tersebut, ada kantor polisi yang sedang direnovasi. Vijay memiliki hubungan yang baik dengan pemilik warung. Sebaliknya, ia memiliki hubungan yang cukup buruk dengan Inspektur Polisi (Gaitonde). Menjadi rahasia umum jika inspektur satu ini sering kali melakukan tindakan semena-mena dan acap kali meminta uang pada warga dan pengusaha.

Suatu ketika, anak pertamanya, Anju mengikuti kegiatan perkemahan yang mempertemukan seluruh Sekolah di wilayah Goa. Di kegiatan perkemahan tersebut, ia secara tidak sengaja kenal dengan Sam. Sam memiliki hobi merekam seluruh kegiatan yang ada di perkemahan, tak terkecuali aktivitas dari Anju.

Setelah kegiatan perkemahan selesai, Sam mendatangi Anju. Ia memperlihatkan sebuah video dimana didalamnya terdapat adegan Anju sedang mandi dan ganti baju. Anju yang kaget meminta Sam untuk segera menghapus video tersebut. Namun, Sam menolak. Ia meminta untuk bertemu lagi di rumah Anju malamnya. Anju yang bingung kemudian dengan berat hati tetap menemui Sam. Kedatangan Sam dengan niat buruk tersebut dilaporkan Anju kepada Sang Ibu. Setelah terjadi beberapa debat tersebut, Sam meminta untuk melakukan perbuatan tidak senonoh kepada Sang Ibu. Melihat permintaan tersebut, Anju kalap. Ia memukul kepala Sam. Sam tersungkur dan seketika mati.

Paginya, mereka menceritakan kejadian tersebut kepada Vijay. Vijay yang baru saja tiba kaget bukan main. Namun, karena kecerdasannya ia membuat sebuah rencana tak terduga untuk menyelamatkan keluarganya. “Selagi aku masih hidup, tidak akan pernah ada bagian keluargaku yang masuk penjara,” tegas Vijay beberapa kali. Ia kemudian membuang mobil Sam ke sebuah danau. Keesokan harinya, ia bersama keluarganya melakukan perjalanan liburan untuk menenangkan diri.

Keluarga Sam tak pelak mencari keberadaan putranya yang tanpa kabar lebih dari 10 hari. Ibunya, IG Meera Desmukh (Tabu) adalah Inspektur Jenderal di wilayah Goa. Sedangkan, Ayahnya adalah seorang pengusaha terkemuka. Dengan kekuasaan dan jaringan yang dimiliki Meera, ia mengerahkan seluruh kekuatan aparat kepolisian untuk mencari keberadaan anaknya. Lewat beberapa penelusuran, ditemukan sebuah indikasi kuat jika Vijay mengetahui keberadaan Sam.

Pengungkapan fakta kejahatan via google
Pengungkapan fakta kejahatan via google

Interogasi dilakukan kepada keluarga Vijay. Namun, tak didapati kesaksian dan bukti yang menunjukkan bahwa Vijay mengetahui keberadaan Sam. Saksi yang didatangkan juga memberikan pengakuan yang menunjukkan ketidakbersalahan Vijay. Di lain pihak, Vijay telah membuat sebuah rencana brillian dan mengajarkan keluarganya jawaban yang runtut dan sistematis. Ia membuat sebuah alibi yang mampu dijalankan dengan baik oleh keluarganya. IG Meera yang mengetahui ada keganjilan pada kesaksian keluarga Vijay terus memberikan tindakan represif. Ancaman hingga pukulan coba ia layangkan guna mendapatkan sebuah pengakuan dari keluarga Vijay.

Sebuah cerita menegangkan di akhir cerita terpampang begitu apik dan tak terduga. Hingga akhir cerita, Vijay beserta keluarga tetap mampu memberikan kesaksian yang menyatakan jika mereka tidak bersalah.

Kekuatan Sugesti dan Proses Recognize Memori

Drishyam mengedepankan sebuah cerita mengenai kekuatan sugesti dan proses pemanggilan memori. Untuk menutupi kejahatan yang dilakukan oleh keluarganya, Vijay tidak melakukan manipulasi waktu atau menyuap para saksi. Ia memilih untuk mengulang-ulang informasi kepada para saksi sebagai penguatan akan validitas sebuah fakta. “Pada tanggal 2-3 Oktober, kami sekeluarga pergi untuk menonton ceramah di Panaji,” penggalan kalimat yang dikatakan berulang kali oleh Vijay kepada para saksi.

Dalam dunia Psikologi, proses yang dilakukan oleh Vijay termasuk dalam kategori Recognize memori. Dimana sebuah informasi dikenalkan kembali kepada subjek melalui sebuah petunjuk yang sebelumnya sudah pernah diberikan. Pengulangan informasi tersebut dapat mengembalikan ingatan atau meyakinkan validitas sebuah informasi.

Cerita mengenai keutuhan keluarga via google
Cerita mengenai keutuhan keluarga via google

Selain itu, lewat karakter Vijay, penonton diajak memahami betul arti keutuhan keluarga. Apapun yang terjadi keluarga adalah sebuah ikatan yang mustahil dilepaskan dan dipisahkan. Sebagai seorang Bapak, Vijay tau betul bagaimana memberikan rasa nyaman dan aman kepada seluruh anggota keluarganya. Meskipun tidak bisa dibenarkan apa yang dilakukannya untuk menyelamatkan keluarganya.

Film garapan Sutradara Nishikant Kamat ini begitu apik dalam menyajikan alur cerita. Tak ada efek kamera atau ke-lebay-an akting yang ditonjolkan dalam keseluruhan film. Oleh Sang Sutradara, penonton diajak untuk memahami sebuah alur cerita yang out of the box kebiasaan alur cerita milik India. Jangankan mengawang-ngawang ending cerita, memperkirakan beberapa alur cerita saja kiranya mustahil dilakukan.

2 COMMENTS