Judul : Deewana
Sutradara : Raj Kanwaar
Pemain : Shahrukh Khan, Rishi Kapoor, Divya Bharti, Amrish Puri dan Mohnish Behl
Produksi : Mayank Art’s
Rilis : 25 JUNI 1992

Deewana adalah film pertama sang mega bintang Shahrukh Khan di layar lebar perfilman Bollywood. Film ini bercerita tentang kehidupan seorang gadis bernama Kajal (Divya Bharti) mencintai seorang penyanyi terkenal yaitu Ravi (Rishi Kapoor). Gayung bersambut, cinta Kajal-pun disambut karena Ravi juga jatuh cinta padanya. Pernikahan keduanya berlangsung dan mereka menjalani hidup bahagia.

Tetapi, sebuah tragedi menimpa kehidupan keduanya dikarenakan paman Ravi, Direndhra Pratap (Amrish Puri) dan anaknya Narender (Mohnish Behl) yang ingin menguasai harta milik Ravi. Narender bersama ayahnya membunuh Ravi dan berusaha memperkosa Kajal. Ravi akhirnya terbunuh dan dibuang ke jurang, namun upaya untuk memperkosa Kajal tidak berhasil.

Kajal kemudian pergi ke suatu tempat untuk menghindari Narender dan melupakan kenangan buruknya. Di tempat barunya tersebut, ia bertemu pemuda bernama Raja (Shahrukh Khan). Raja-pun terserang virus love at the first sight kepada Kajal. Cerita kemudian berlanjut dengan perjuangan Raja untuk mendapatkan hati janda cantik tersebut.

Suatu ketika, Raja tidak sengaja bertemu seorang pria yang tidak lain adalah Ravi. Suami pertama Kajal yang dikira sudah meninggal dalam insiden pembunuhan. Raja kemudian memperkenalkan Ravi kepada istrinya. Mendapati hal tersebut, konflik kemudian muncul dari benak Ravi dan Kajal. Mereka berdua canggung dan bingung untuk menceritakan fakta sesungguhnya.

DeewanaDeewana bercerita tentang perjuangan mendapatkan cinta sejati. Cinta yang harus diperjuangkan dan dikorbankan. Rishi dan Shahrukh menampilkan sebuah pertunjukkan luar biasa yang dapat dijadikan contoh dalam menjalin suatu hubungan. Dan Divya, dia sosok wanita impian semua laki-laki. Setia, penurut, penyabar dan penuh kasih sayang.

Film ini menjadi debut yang cemerlang bagi Shahrukh Khan di dunia industri perfilman Bollywood. Sebagaimana alur cerita film Bollywood era 90-an, film ini juga mengusung seorang tokoh berwatak Tuan Takur. Dengan bumbu-bumbu tarian di padang rumput luas dan dukungan musikalisasi yang harmonis, film ini memang layak menyabet berbagai kategori penghargaan.

1 COMMENT