Judul :Kal Ho Naa Ho
Sutradara :Nikhil Advani
Pemain :Preity Zinta, Shahrukh Khan, dan Saif Ali Khan
Produksi :Dharma Production
Tahun :2003

Karena esok adalah misteri, begitulah tajuk film Kal Ho Naa Ho. Film garapan Sutradara Nikhil Advani ini begitu kuat menekankan isyarat tentang misteri takdir Tuhan. Dengan tidak mengurangi rasa hormat akan pentingnya ikhtiar manusia, takdir Tuhan adalah perihal yang tak bisa ditolak keberadaannya.

Naina adalah gadis yang hidup di New York bersama dengan keluarganya. Kehidupan keluarga Naina banyak dipenuhi dengan pertengkaran-pertengkaran tanpa ujung. Naina memiliki teman bernama Rohit. Persahabatan mereka sudah terjalin sekian lama. Diceritakan bahwa Rohit adalah satu-satunya teman laki-laki yang akrab dengan Naina. Maklum saja, selama ini Naina kurang terbuka pada pergaulan dengan lawan jenis.

Suatu ketika, Aman Mathur bersama keluarga datang ke New York. Mereka berniat mencari pengobatan terbaik untuk menyembuhkan kanker yang diderita Aman. Semenjak beberapa tahun yang lalu, Aman divonis kanker stadium akhir oleh dokter. Meski begitu, Aman tak pernah kehilangan semangat untuk menebarkan kebahagiaan untuk orang di sekelilingnya.

Syahdan, di New York ia bertetangga dengan Naina. Ia juga berkenalan dengan Rohit secara tidak sengaja. Setelah kedatangan Aman, keceriaan mulai mewabah di sekeliling kompleks perumahan. Naina yang sedari awal tidak suka keramaian merasa terganggu dengan tetangga barunya.

Salah satu adegan Naina dan Amar via google
Salah satu adegan Naina dan Amar via google

Selain penuh kebahagiaan, Aman juga memiliki sifat yang usil. Ia sering menggoda Naina hingga terkadang membuat ia mendapat amukan. Lambat laun, kemarahan Naina tersebut berubah menjadi perasaan cinta. Kebenciannya seketika berubah menjadi cinta. Inilah gambaran kata bijak bahwa cinta dan benci itu hanya sedikit perbedaannya.

Suatu ketika, Naina berniat untuk menyatakan perasaannya. Namun, sesampainya di rumah Aman, Naina mendapatkan kejutan. Aman mengaku bahwa ia sudah menikah. Naina kaget bukan main. Rasa-rasanya di pundaknya kini sedang ada bongkahan batu besar. Ia merajut, menangis di bawah guyuran hujan. Tak kalah mengharukannya, di dalam rumah Aman sedang menangis dalam dekapan sang ibu. Jauh dari lubuk hatinya, sebenarnya ia sangat mencintai Naina. Namun, ia memilih untuk tak mengungkapkannya. Karena ia tau jika cintanya tak akan mengubah apapun.

Karena perasaan cintanya yang begitu besar, Aman hendak mempersatukan Naina dengan Rohit. Sejak awal, Aman tau jika Rohit telah memendam perasaan pada Naina. Segala upaya ia coba lakukan untuk mewujudkan hal tersebut. Adegan mengharukan banyak tersaji dalam upaya yang dilakukan oleh Aman. Ia memperjuangkan cinta sejatinya, dan perjuangan tersebut ia lakukan lewat orang lain. Hingga akhirnya pernikahan Naina dan Rohitpun terjadi.

Di akhir cerita, adegan klimaks disajikan dengan baik oleh sang sutradara. Dibumbui dengan alunan seruling India yang mendayu, saya pastikan anda akan terenyuh hingga meneteskan air mata. Aman tengah terbaring setengah sadar di rumah sakit. Orang-orang yang menyayanginya berkumpul untuk melihat kondisinya. Secara bergantian mereka mendoakan kesembuhan dan memberikan kekuatan pada Aman.

Ending film Kal Ho Naa Ho via google
Ending film Kal Ho Naa Ho via google

Tibalah giliran Naina. Entahlah. Saya bingung harus menuliskan apa untuk adegan ini. Silahkan lihat sendiri film garapan rumah produksi Dharma Production ini. Film berdurasi sekitar 180 menit ini bisa dikatakan sebagai salah satu karya masterpiece buatan Tanah Hindustan. Dibintangi Sang Raja Bollywood Shahrukh Khan dengan Preity Zinta dan Saif Ali Khan, film ini akan membuat anda hanyut dalam kisahnya.

Kal Ho Naa Ho yang berarti esok mungkin tiada mengajarkan arti cinta sejati. Ia lebih dari sekedar cerita tentang mencintai dan dicintai. Karena Kal Ho Naa Ho adalah bentuk tertinggi dari cinta itu sendiri.

4 COMMENTS

  1. […] “Jika kamu mencinta maka berikan apa yang kamu bisa dan kamu punya untuk dia”. Begitulah kesan yang saya tangkap dari novel ini. Kisah-kisah cinta baik antar lawan jenis maupun antar ayah kepada anak dilukiskan dalam makna yang tulus. Cinta berarti memberi tidak mengharapkan kembali. Andrea mengolaborasi pesan ini melalui cintanya Sabri kepada Lena dan Zorro yang sebenarnya bukan anaknya sendiri, juga cinta antara ayah dan anak bernama Amirza dan Amiru. […]