Judul : Baahubali (The Beginning)
Sutradara : S.S. Rajamouli
Pemain : Prabhas, Rana Daggubati, Anushka Shetty, Tamannah Bhatia
Produksi : Arka Mediaworks
Tahun : 2015

Film Baahubali (The Beginning) dimulai dengan cerita pengejaran Ibu Suri Kerajaan bersama dengan bayi putra mahkota oleh beberapa prajurit Kerajaan Mahishmathi. Setelah sampai di hutan, Ibu Suri tenggelam sembari mengangkat bayi diatas permukaan air. Beberapa saat kemudian, sekelompok warga desa mendapati keberadaan bayi yang sedang menangis diatas dekapan tangan seorang wanita. Bayi tersebut kemudian diambil, sedangkan sang wanita tiba-tiba langsung hanyut derasnya air sungai.

Oleh ibu angkatnya, bayi tersebut diberikan nama Shiva (Siwa). Lambat laun bayi mungil tersebut mulai beranjak dewasa. Sedari kecil ia memiliki sebuah keinginan untuk mendaki gunung yang jug terdapat air terjun besar. Hampir setiap kali ia mencoba untuk merangkak naik melewati air terjun yang licin dan terjal tersebut. Namun, lebih sering gagal daripada ia dapat sampai puncak yang diinginkan.

Cerita berlanjut dengan peretemuan Shiva dengan seorang gadis bernama Avanthika (Tamannah Bhatia). Avanthika adalah anggota dari sebuah kelompok separatis yang membenci Kerajaan Mahishmathi. Kelompok tersebut muncul karena keburukan pemerintahan Raja Bhallaladeva yang merantai permaisuri bernama Devasena selama 25 tahun. Permaisuri Devasena sendiri merupakan putri mahkota dari kerajaan mereka sebelum kemudian ditaklukkan oleh Bhallaladeva.

Kisah cinta Avanthika dan Shiva via Photosfall
Kisah cinta Avanthika dan Shiva via Photosfall

Cinta yang muncul dari hati Shiva mendapatkan sambutan baik dari Avanthika. Lewat ketulusan dan pengorbanan yang dilakukan oleh Shiva akhirnya hati Avanthika tersentuh dan luluh. Cinta yang bersemi antara dua sejoli ini juga mengakibatkan sebuah kesepakatan lain. Shiva berjanji untuk membantu Avanthika membebaskan Permaisuri Devasena dari jeratan Kerajaan Mahismathi.

Di Kerajaan Mahishmati, kala itu sedang ada acara perayaan ulang tahun Raja Bhallaladeva. Sebuah patung besar berasal dair emas dibuat sebagai simbol kekuasaan absolut sang raja. Shiva yang sedang menyelinap masuk kerajaan melihat sebuah ritual yang menyebabkan rakyat sengsara. Mereka dipukuli meskipun sedang berusaha mengangkat patung besar tersebut.

Setelah membuat beberapa keonaran, Shiva berhasil membawa Devasena pergi dari kerangkeng Kerajaan. Ia dikejar oleh putra kerajaan dan jenderal kerajaan (Kattappa). Setelah saling kejar, pertempuran dua kubu ini akhirnya menewaskan sang putra kerajaan di tangan Shiva. Kepalanya dipenggal menggunakan pedang milik Kattappa.

Dari pertemuan tersebut, Kattappa akhirnya menyadari bahwa pemuda yang baru saja bertarung dengannya adalah raja yang sempat hilang. Ia memanggil Shiva dengan nama Baahubali. Seketika seluruh pasukan dan orang yang menyaksikan adegan pertempuran tersebut menunduk dan memberikan hormat kepada raja yang hilang. Dari pertemuan tersebut, Kattappa menceritakan sejarah panjang mengenai kemakmuran dan perebutan kekuasaan di Kerajaan Mahishmathi.

Sosok Bhallaladeva ketika bertempur melawan Kalakeya via google
Sosok Bhallaladeva ketika bertempur melawan Kalakeya via google

Cerita flash back mengenai sejarah Mahismathi menjadi pengantar film ini untuk memasuki kelanjutan film selanjutnya. Pertempuran perebutan kekuasaan dengan segala intrik politik dan kekuatan persenjataan turut memegahkan film garapan Sutradara S.S. Rajamouli ini. Balutan visualisasi dan special effect menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari film ini. Bisa dikatakan visualisasi efek yang ada di film ini mampu bersaing dengan film-film Hollywood.

Ketika menonton film ini, penonton akan diajak untuk menikmati sebuah pemandangan hebat sekaligus alur cerita yang menghanyutkan. Perebutan kekuasaan dan kisah cinta beserta beberapa tarian masih menjadi salah satu kekuatan film. Dari segi script juga tergolong umum digunakan, namun terdapat kekhasan yang membuat penonton tak jera menyaksikan hingga akhir.

Selain cerita dan visualisasi yang menarik, film ini juga tidak lepas dari pesan dan pelajaran hidup. Sebagaimana yang dikatakan oleh Ibu Suri ketika memilih raja misalnya, “jika kau membunuh ratusan orang, kau dipanggil sebagai pejuang hebat. Tapi jika kau menyelamatkan satu kehidupan, kau akan dipanggil Tuhan.” Penggalan kalimat tersebut mengisyaratkan bahwa seseorang dipandang begitu tinggi ketika mampu menyelamatkan nyawa, bukan ketika mampu membunuh banyak orang.

(Baca juga: Resensi Film Baahubali The Conclusion)

Secara umum, film yang mendapatkan rating 8.8 dari Imdb ini sangat recommended sebagai pengisi waktu luang atau libur akhir pekan. Jika anda penikmat film sejati, secara bersamaan anda akan diajak untuk menikmati pertempuran maha dahsyat ala Troy dan special effect milik Lord Of The Ring di film Baahubali (The Beginning).

1 COMMENT