Judul : The Last Naruto Movie
Sutradara : Tsuneo Kobayashi
Rilis : Desember 2014 (Indonesia : April 2015)
Produksi : Aniplex

The Last Naruto Movie merupakan episode terakhir mengenai petualangan anime populer, Naruto. Film garapan sutradara Tsuneo Kobayashi ini rilis di Jepang sekitar akhir tahun 2014. Di Indonesia sendiri, film ini mulai diputar pada sekitar bulan April 2015.

Alur film cerita diawali dengan kondisi dua tahun pasca peristiwa Perang Dunia Shinobi Ke-4. Cerita berlanjut dengan peristiwa jatuhnya bulan ke bumi bak meteor penghancur. Melihat fenomena tersebut, Naruto diharuskan untuk mengantisipasi dan menetralisir keadaan. Sementara itu, disisi lain Naruto juga disibukkan dengan ancaman dari Toneri Ōotsutsuki. Ia adalah keturunan dari Hamura Ōotsutsuki yang mempunyai misi untuk menculik Hanabi Hyuga setelah gagal merebut Hinata.

Oleh para tetua, Naruto, Hinata, Sakura, Sai dan Shikamaru diberikan misi untuk menyelamatkan Hanabi. Toneri kemudian menyerang Naruto dan teman-temannya, atas kejadian tersebut kemudian Hinata berhasil ditangkap oleh Toneri. Setelah melakukan penculikan, Toneri juga mengambil Byakugan Hanabi dan menyatukan dengan matanya sehingga membangkitkan Tenseigan yang sudah tersegel sekian abad oleh keturunan Hamura.

Tema besar film yang mengangkat konflik mengenai bulan dan klan Ootsuki agaknya dapat membantu agar cerita terhubung dengan akhir cerita serial Naruto yang sebenarnya. Perbedaan mendasar pada film ini adalah jika movie Naruto sebelumnya memiliki fokus pada pertarungan, maka film ini berhasil menampilkan sisi romantis yang tersembunyi pada Naruto. 

Naruto, seorang ninja yang sedari kecil bermimpi menjadi ninja nomor satu dan gemar membuat onar sedang mewujudkan mimpi-mimpinya. Drama-drama romantis juga disajikan dengan sangat emosional saat Naruto menyadari perasaannya pada Hinata. Naruto yang selama ini diketahui memiliki rasa terpendam pada Sakura, ternyata juga memiliki rasa terpendam lainnya pada Hinata.

Penonton diberikan suguhan yang menarik dan berbeda dengan tingkah laku yang dilakukan oleh Naruto ketika mengetahui perasaan terpendam sesungguhnya pada Hinata. Pada akhirnya, Naruto yang berkeinginan untuk menikahi Hinata harus berjuang untuk menyelamatkan Hinata dan Hyuga dari Toneri.

1 COMMENT